IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENANGANAN MASALAH KEPRIBADIAN SISWA DI SMK NEGERI 1 KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29079Keywords:
Layanan Bimbingan dan Konseling, Masalah Kepribadian Siswa, Strategi Layanan.Abstract
Penelitian ini mengkaji secara mendalam penerapan layanan bimbingan dan konseling dalam menangani masalah kepribadian siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Karawang. Masalah kepribadian yang diidentifikasi meliputi krisis identitas, penurunan moral, masalah hubungan interpersonal, masalah emosional, serta motivasi dan disiplin diri. Strategi layanan yang diterapkan antara lain konseling individu, konseling kelompok, bimbingan kelompok, bimbingan karir, kolaborasi dengan orang tua dan guru, serta program pengembangan diri. Faktor pendukung meliputi sumber daya manusia (SDM) kompeten, sarana prasarana memadai, dan program pelatihan konselor. Faktor penghambat adalah stigma negatif dan keterbatasan waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek guru bimbingan konseling dan siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penerapan menunjukkan perkembangan positif pada kepribadian siswa seperti percaya diri, sosialisasi baik, dan kemampuan mengatasi masalah. Penelitian ini memberikan gambaran komprehensif penerapan layanan serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam menangani masalah kepribadian siswa. Implikasi penting dari penelitian ini adalah pengembangan layanan bimbingan dan konseling yang efektif untuk membantu siswa mengembangkan potensi diri secara optimalReferences
Arifin, S. (2018). Jurnal Konseling Religi. Jurnal Konseling Religi, 9(2), 70–85. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/konseling
Azwar, M. S., Irwansyah, & Hazizah, S. (2023). Manajemen Konseling dalam Mengatasi Konflik Kenakalan Peserta Didik di MAS Insan Kesuma Madani Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 105–110.
Bado, B. (2021). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. In Tahta Media Utama.
Miskanik, & Susiati. (2023). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling dalam Meningkatkan Self Control Peserta Didik SMK Bina Putra Jakarta. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 114–123. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk
Qonita, M., Artati, K. B., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Guidance, 19(02), 106–120. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2211
Ridwan, & Asrori. (2021). Pendekatan Bimbingan Konseling di Sekolah. CV. Zamron Pressindo.
Suherman, U. (2007). Kompetensi dan Aspek Etik Profesional Konselor Masa Depan. Educationist, 1(1), pp-39.
Sukatin, Dianovi, A., Siregar, D., Mawaddah, I., & Suryaningsih. (2022). Bimbingan dan Konseling Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 8(2), 1–12.
Yusuf, S., & Nurihsan, J. (2008). Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reinova Noer Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.