MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Authors

  • Aziz Rizki Miftahul Ilmi STKIPAl- Amin Indramayu
  • Maya Ulfah Sutarba STKIPAl- Amin Indramayu
  • Gina Amaliyah STKIPAl- Amin Indramayu
  • Dian Hadiyanti SMPN 1 Terisi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28433

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Eksperimen, Hasil Belajar IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Pesantren Nahdlatul Wathon Cikedunglor melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan (2) untuk mengetahui efektivitas penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Pesantren Nahdlatul Wathon Cikedunglor. Jenis penelitian ini adalah dengan pendekatan secara eksperimen dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Pesantren Nahdlatul Wathon Cikedunglor tahun ajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan dalam rentang waktu dua pertemuan, yaitu pertemuan satu pengenalan materi yang akan diujikan dan pertemuan kedua dilakukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada kelas VIII A. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran IPA berlangsung dengan menggunakan lembar observasi penilaian, dokumentasi, dan tes hasil belajar berupa soal pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan bentuk analisis data yaitu analisis kuantitatif. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 27. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil post-test yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 86,31 untuk kelas eksperimen, dan 70,17 untuk kelas kontrol. Terdapat peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Make A Match pada siswa kelas VIII A di SMP Pesantren Nahdlatul Wathon Cikedunglor yang memperoleh kenaikan nilai pre-test ke post-test dengan nilai N-Gain Score sebesar 0,6215 (Tinggi) dan dengan N-Gain presentase sebesar 62% (Cukup Efektif). Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar IPA antara kelas VIII A yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan siswa kelas VIII B yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran IPA khususnya pada materi sistem pencernaan.

References

Aliputri, D.H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol 2, No. 1.

Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Berlian, Z., Aini, K dan Nurhikmah, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan. 3(1): 13-17.

Bern, R.G.,N & Erickson, P.M, (2001): Contextual teaching and learning: preparing student for the new economy. Journal of research.

Harefa,D (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak dan Perpindahan. Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Pendidikan.

Nurhayati (2017). Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitungan Bilangan Bulat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial.

Thobrani, M & Mustafa, A (2013): Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana,N (2010): Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Suparmini,M (2021). Penerapat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Education Of Action Research.

Rusmono, (2012). Strategi Pembelajaran dengan Proplem Based Learning itu perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-05-18

How to Cite

Ilmi, A. R. M. ., Sutarba, M. U. ., Amaliyah, G. ., & Hadiyanti, D. . (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5869–5875. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28433