PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V UPTD SD NEGERI 122365
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28333Keywords:
Model Pembelajaran, Talking Stick, Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Kelas V UPTD Sd Negeri 122365 Jalan Ade Irma. Metode penelitian One Group Pretest-Posttest Design ini dilakukan terhadap satu kelas tanpa adanya kelas kotrol. Penelitian ini disesuaikan dengan tujuan hendak dicapai, yaitu menguji dalam pembelajaran subtema 2 Perpindahan Kalor di Sekitar Kita. Pengambilan sampel dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara simple (sederhana) karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan setara yang ada dalam populasi itu. Jadi yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Kelas V UPTD SD Negeri 122365 Jalan Ade Irma yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini digunakan alat pengumpulan data yaitu Pretest dan Posttest, Pretest dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dan Posttest dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model Talking Stick. Berdasarkan Uji-t score digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sebelum dan ssesudah dilakukannya pembelajaran dengan kategori yang telah ditentukan maka diperoleh Uji-t score 0,05 dengan kategori sedang, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Talking Stick terhadap hasil belajar pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya kelas V UPTD Sd Negeri 122365 Jalan Ade Irma. Maka berdasarkan hasil Uji-t score Ho ditolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa adanya pengaruh Model Talking Stick yang signifikan terhadap hasil belajar pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Kelas V UPTD Sd Negeri 122365 Jalan Ade IrmaReferences
Aprilianti, F., Utami, S., & Kaswari. (2015). Penerapan model Talking Stick terhadap hasil belajar dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa (JPPK), 4, 1–10.
Hasrudin, F., & Asrul, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 94–102. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar. v2i2.521
Huda Sekolah Dasar Negeri Dengkol, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Al Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia, 3(2), 1–10.
Isnaeni, I., Muhaemin, M., & Hasri, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 131–142. https://doi.org/10.24256/jpmipa. v5i2.272
Nasroni. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VI UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Didaktika, 9(1), 147–161.
Rofi’ah, N., & Makruf Ahmad. (2020). talkingstick Implementasi Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mu’allim, 2(1), 29–42. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i1.2271
Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 298–308. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728
Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pebri Ester Jelita Dohare
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.