STRATEGI PEMASARAN GETHUK PISANG SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27213Keywords:
Gethuk Pisang, Strategi Pemasaran, TOWS.Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran gethuk pisang sebagai oleh-oleh khas Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis faktor internal dan eksternal melalui matriks IFAS, EFAS dan matriks TOWS untuk perumusan alternatif strategi. Objek dalam penelitian ini yaitu Gethuk Pisang Diana. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis menggunakan matriks EFAS mendapatkan total skor 3,14 yang menunjukkan bahwa Gethuk Pisang Diana dapat memanfaatkan peluang untuk mengatasi ancaman, sedangkan untuk matriks IFAS mendapatkan total skor 2,91 yang mengindikasikan posisi internal yang kuat. Hasil analisis menggunakan matriks TOWS yaitu strategi S-O dengan mempertahankan kualitas produk, mempererat hubungan kerjasama dengan Dinas Kopusmik, mengikuti pameran produk UMKM yang diselenggarakan oleh pemerintah, menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Strategi S-T yaitu dengan menambah varian produk, membangun relasi yang baik dengan pemasok bahan, meningkatkan nilai produk dari segi kemasan, mempertahankan harga. Strategi W-O dengan menjual gethuk pisang di tempat yang sama dengan produk tahu khas Kediri, membuat pengembangan produk dengan konsep modern, memperluas jaringan distribusi dengan toko pusat oleh-oleh, membuat paket hantaran untuk lebaran, syukuran. Strategi W-T yaitu dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mengikuti pemberdayaan yang diselenggarakan oleh Dinas Kopusmik, mencegah terjadinya cacat produk, memberikan pelayanan pengiriman yang cepat, membangun branding yang kuat. Dapat disimpulkan bahwa Gethuk Pisang Diana dapat membuat pengembangan produk serta menambah varian produk sebagai strategi untuk meningkatkan pemasaran produk.References
Adzkiyak. (2021). Etnografi Kuliner: Makanan dan Identitas Nasional. Zahir Publishing.
Andalecio, A. B. P. (2021). The Role of Selected Higher Educational Institutions (HEIS) and Local Goverment Units on Integrating Food Heritage Research into Political Priorities: a Public Policy Analysis of Luzon Island, Philippines. Journal of Tourism, Culinary and Entrepreneurship (JTCE), 1(2), 160–189.
Anggito, A., & Setiawan. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jejak.
Ayu, J. P. (2021). Perencanaan Model Bisnis pada UMKM dalam Mengembangkan Oleh-Oleh Khas Bekasi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 75–89.
Badan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Wisatawan di Kabupaten Kediri Menurut Asal Wisatawan dan Objek Tempat Wisata 2019-2021. https://kedirikab.bps.go.id/indicator/16/137/1/jumlah-wisatawan-di-kabupaten-kediri-menurut-asal-wisatawan-dan-objek-tempat-wisata-.html
Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Prenada Media.
Cahyono, W. E., & Kunhadi, D. (2020). Strategi Pengembangan UKM Gethuk Pisang Guna Melestarikan Makanan Tradisional. Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 4(1), 10–17.
Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran dan Optimalisasi Bauran Pemasaran dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2), 218–299.
Delano, B., Tumbuan, W. J. F. A., & Mandagie, Y. (2022). Analisis TOWS terhadap Penentuan Strategi Pemasaran di Cafe Times Kecamatan Langowan Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 101–112.
Fawzi, M., Iskandar, A., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books. https://www.google.co.id/books/edition/STRATEGI_PEMASARAN_Konsep_Teori_dan_Impl/73hjEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1
Febrianty, N., & Huzairin, M. D. (2022). Pusat Oleh-Oleh di Objek Wisata Pantai Takisung. Lanting Journal of Architecture, 11(1), 80–87.
Frederick, D. P. (2022). IFE & EFE, TOWS and QPSM Analysis of Online Food Delivery Services.
Gardjito, M., Harmayani, E., & Santoso, U. (2019). Makanan Tradisional Indonesia Seri 3 (3rd ed.). Gadjah Mada University Press.
Google. (2023). Gethuk Pisang di Kabupaten Kediri.
Hanggraito, A. A. (2021). Market Exploration of Bakso Culinary Tourists in Malang City, Indonesia. Journal of Tourism, Culinary and Entrepreneurship (JTCE), 1(2), 140–159.
Harmayani, E., Santoso, U., & Gardjito, M. (2017). Makanan Tradisional Indonesia Seri 1. Gadjah Mada University Press.
Hermawan, S., & Amirullah. (2021). Metode Penelitian Bisnis. Media Nusa Creative.
Ilham, M. (2022, May 17). Pertumbuhan Produk Unggulan Daerah Kota Kediri Selama Pandemi Tembus 8,84 %. https://surabayapagi.com/read/pertumbuhan-produk-unggulan-daerah-kota-kediri-selama-pandemi-tembus-884-
Kaliwanto, B., Kusdiyana, Y., Rahmi, R. F., & Hidayat, T. (2022). Strategi Akselerasi Pengembangan UMKM di Jawa Timur Melalui Teknologi Pengalengan Makanan Tradisional Menuju Rantai Nilai Global. Value Added: Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 54–64.
Kalyana, G., & Arif, M. (2023). Analisis TOWS sebagai Strategi untuk Mencapai Sustainable Competitive Adventage Pada Ropang Dkk. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 300–308.
Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur. (2022, August 4). Terpilih Sebagai Ketua Kadin Kabupaten Kediri, David Komitmen Kembangkan Potensi Daerah. https://kadinjatim.net/news/NTU=
Leliga, F. J., Koapaha, J. D., & Sulu, A. C. (2019). Analysis of Internal Factor Evaluation Matrix, External Factor Evaluation Matrix, Threats-Opportunities-Weaknesses-Strengths Matrix, and Quantitative Strategic Planning Matrix on Milk Products and Nutrition Segment of Nestlé India. East African Scholars Journal of Economics, Business and Management, 2(4), 186–191.
Luthfiana, U., & Kusmiati, A. (2022). Prospek Pengembangan Home Industri Gethuk Pisang Dalam Menghadapi Pandemi COVID-19: Sebuah Analisis Nilai Tambah. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (J-SEP), 15(1), 13–32.
Maiyuniarti, D. A., & Oktafia, R. (2022). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Olahan Kripik di Desa Kebonwaris, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(2), 506–516.
Marwadani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Deepublish.
Muniroh, L. (2018). Manis dan Legit, Ini Resep Mudah Bikin Gethuk Pisang Khas Kediri.
Pemerintah Provinsi Jawa Timur Dinas Koperasi, U. K. dan M. (2019). Jumlah Kontribusi Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur Dalam Perekonomian.
Pratiwi, A. M., & Rohman, A. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Omset dengan Pendekatan Analisis SWOT Perspektif Marketing Syariah pada Toko Fihadaessie Surabaya. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 881–898.
Purwowiyoto, B. (2020). Candrajiwa Indonesia. Oscar Karya Mandiri.
Pusporini, P., Handayani, T., & Aryani, L. (2022). Strategi Pemasaran Produk UMKM di Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan–Banten. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 44–56.
Putra, Y. S., & Pratama, S. A. (2022). Pengembangan Product Awareness dan Pemasaran Digital Pada UMKM Enting-Enting Gepuk “Cap Dua Pohon Kelapa” Salatiga. ABDI MAKARTI, 1(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.52353/abdimakarti.v1i1.267
Raharjo, T., & Rinawati, H. (2019). Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. Jakad Media Publishing.
Rengganis, A. M., Maisaroh, M., Fathoni, M., & Nasution, J. (2022). Pengembangan Home Industri Kripik Jambu Kristal sebagai Produk Oleh-Oleh Khas Desa Tanjung Anom. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 197–205.
Salam, H. I., Widodo, J., & Zulianto, M. (2019). Strategi Pemasaran Pada Pt Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 66–71.
Sari, M., Siswati, T., Suparto, A., Jonata, Ambarsari, I., Azizah, N., Safitri, W., Hasanah, N., Agusti, & Gravitiani, E. (2022). Metodologi Penelitian. Global Eksekutif Teknologi.
Sari, Y. (2020, February 17). Pak Jokowi Jangan Takut ke Kediri, Ada 5 Makanan Khas Kediri yang Enak Lho! https://food.detik.com/info-kuliner/d-4902583/pak-jokowi-jangan-takut-ke-kediri-ada-5-makanan-khas-kediri-yang-enak-lho
Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Refika Aditama.
Simarmarta, N., Hasibuan, A., Rofiki, I., Purba, S., Tasnim, Sitorus, E., Silitonga, H., Sutrisno, E., Purba, B., Makbul, R., Sianturi, E., Bachtiar, E., Agustin, T., Negara, E., & Simarmata, J. (2021). Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi. Yayasan Kita Menulis.
Siyoto, S., & Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sudaryono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Prenada Media.
Sunaryo, N. A., Putra, I. N. D., & Dewi, M. H. U. (2019). Perkembangan Wisata Belanja “Oleh-Oleh Makanan” di Kota Malang. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 6(1), 25–47.
Sundari, P., Astari, N., & Efelina, V. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran UMKM Susu Kedelai Kutagandok. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Teknik Industri, 4(1), 91–102.
Wanudya. (2021). 5 Serba-Serbi Getuk Pisang Kuliner Khas Kediri yang Manis dan Lezat! https://www.idntimes.com/food/diet/wanudya-a/serba-serbi-getuk-pisang
Widyaningtyas, S., Fatma Nanda, R., & Hariyadi, S. (2022). Strategi Pemasaran Coffeeshop Boy’s Selama Pandemi Covid-19 dengan Menggunakan Analisis SWOT How to cite? Jurnal Social Economic of Agriculture, 11(1), 12–19. https://doi.org/10.26418/j.sea.v10i2.56472
Widyastuti, N., Abadi, M. T. D., & Putra, A. P. (2022). Perumusan Konsep Strategi Peningkatan Sentra Industri Oleh-oleh dan Souvenir Sebagai Destinasi Wisata Baru di Daerah Istimewa Yogyakarta. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2382–2397.
Zakariah, A., Afriani, A., & Zakariah. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research and Development, Pengantar Bisnis. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nancy Natalia Djunaidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.