PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAHEWA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26681Keywords:
Reciprocal Teaching, Hasil BelajarAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Reciprocal Teaching belum pernah diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas VIII SMP Negeri 1 Lahewa Tahun Pelajaran 2022/2023 tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lahewa yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi (guru dan siswa), dokumentasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil pembahasan, diketahui bahwa: (1) Hasil observasi guru pada Siklus I mencapai rata-rata 49%, sedangkan pada Siklus II kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran mencapai rata-rata 91,3%. (2) Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I mencapai rata-rata 45,93% dan pada Siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata-rata mencapai 83,99%. (3) Hasil evaluasi pembelajaran pada Siklus I, diperoleh rata-rata yaitu 74,28, pada Siklus II meningkat menjadi 79,9. (4) Persentase ketuntasan yang dicapai pada Siklus I adalah sebesar 65%, dan Siklus II mencapai sebesar 90%.References
Anggraini, dkk. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini Di Sd Adiwiyata. Jurnal Pendidikan.
Arikunto. (2008). Penelitian Hasil Belajar. Yogyakarta. Graha Cipta.
Chairil Anwar. (2017). Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD. h.382.
Gulo, Sukaman, 2011, Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS terpadu SMP Negeri 1 Ulu Moro'o Tahun Pelajaran 2010/201T (Skripsi) (Sumber: Perpustaan UniversitasNias)
Hartata Rus. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sejarah (Peminatan). Jurnal Pendidikan.
Basri, Hasan. (2015). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Eliyanti, Marlina. (2011). Analisis Tuturan dalam Pembelajaran Berbicara melalui Metode Timbal Balik (Reciprocal Teaching) di Sekolah Nasional Plus: Studi Deksriptif Analitis Siswa Kelas V Sekolah Sinar Bunga Hati Bandung. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Efendi, Nur. (2013). Pendekatan Pengajaran Reciprocal Teaching Berpotensi Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. PEDAGOGIA Vol. 2, No. 1, Februari 2013: halaman 84- 97
Ketong Sriyani, Baharuddin, dan Wahyu Kurniati Asri. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Kemampuan Membaca Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Universitas Negeri Makassar. Vol. 2. No. 1: h. 49.
Khusnia, D., & Nuraida, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Pengajaran Terbalik) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 484–489. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/18478/14652
Magdalena, dkk. (2020). TIGA RANAH TAKSONOMI BLOOM DALAM PENDIDIKAN. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains Volume 2, Nomor 1, Juni 2020; 132-139 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Muflihah, Ai (2021) Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 1 Januari 2021. p-ISSN : 2745-7141 e-ISSN : 2746-1920
Ratnasari Ika Wanda . (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa – Siswi SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Psikologi.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Kencana.
Sani Ridwan Abdullah, (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajagrafindo Persada. h. 195.
Sanjaya. (2008). Jakarta. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung. Tarsito.
............. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru.
Sugiyono. (2018).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit. Alfabeta,Bandung.
Trianto. (2018). Mendesain model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Yendi, Dkk (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Pusat Penelitian Kebijakan badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syukur Jaya Waruwu, Wahyutra Adilman Telaumbanua, Claser Legend Claser Legend
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.