PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI POLA BILANGAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV DI SDN CURAHGRINTING 3 PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26509Keywords:
E-LKPD, Problem Based Learning, Pola Bilangan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD pada materi pola bilangan untuk kelas IV di SDN Curahgrinting 3 Probolinggo dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning. E-LKPD ini dirancang secara interaktif dan mendukung pembelajaran mandiri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, angket validasi ahli materi, dan ahli media serta angket respon guru. Pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis Problem Based Learning materi pola bilangan yang mana konsepnya sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, sangat valid dan layak diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Hasil validasi pada penelitian ini berdasarkan tingkat perolehan hasil kualifikasi valid/sangat valid yaitu ahli materi mendapat skor 82,5%, ahli media mendapatkan skor 92,5%. Dalam uji coba skala kecil angket kepraktisan siswa mencapai 85,96% dan angket guru mencapai 95%. Uji coba lapangan dilakukan untuk mengukur kepraktisan E-LKPD ini dalam meningkatkan pemahaman materi pola bilangan dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti valid dan praktis dengan sedikit revisi, E-LKPD yang dikembangkan oleh peneliti dapat dikatakan valid, praktis dan memudahkan siswa dalam proses belajar yang berlangsung.References
Aswasulasikin, Hadi, Y. A., Ibrahim, D. S. M., Suhirman, & Pujiani, S. (2021). Penggunaan Video dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 96–110.
Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang. Penerbit Laksita Indonesia. Diakses pada tanggal 25 Novermber 2023
D. Y. Kasdriyanto and L. A. Wardana, “Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Picture And Picture Berorientasi Wawasan Kebangsaan,” vol. 6, no. 1, pp. 271–278, 2022,
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929.
Eka, A., & Saputra, W. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Materi Siklus Akuntansi. 15, 20.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal PendidikanMatematika,6(1),1–12.
Kusmastuti, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Berbasis Project Based Learning Di Kelas IV SD Gending 1.
L. A. Wardana, A. Rulyansah, A. Izzuddin, and R. Nuriyanti, “Integration of Digital and Non-digital Learning Media to Advance Life Skills of Elementary Education Students Post Pandemic Covid-19,” Pegem Egit. ve Ogr. Derg., vol. 13, no. 1, pp. 211–222, 2022, doi: 10.47750/pegegog.13.01.23.
L. A. Wardana, R. Nuriyanti, F. S. Athilah, and ..., “Lifeskill-Based Interactive Multimedia Training and Assistance to Improve Education Services at SDN Gondang Wetan 1 Pasuruan,” Gandrung …, vol. 3, no. 2, pp. 524–529, 2022, [Online]. Available:
L. Arya Wardana, Jauharotur Rihlah, Ahmad Izzuddin, Serlin Velinda, and Tri Bagoes Pranoto Sanjoyo, “Utilization of Lifeskill Oriented Interactive Multimedia to Overcome the Negative Impacts of Gadget Use on Children in Probolinggo,” GANDRUNG J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 1216–1225, 2023,
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13-27.
Safitri, W., Singgih Budiarso, A., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Saintifika, 24(1), 30–41.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development, (Bandung: ALFABETA, Cet. 3, 2019) h. 28-29
Suwastini et al., (2022). Schemes of Scaffolding in Online Education. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(1), 10–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eka Nurhayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.