PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22355Keywords:
Pengaruh, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 38 Pontianak Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperimental. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 24 siswa dari 48 siswa yang dipilih dengan teknik pengambilan secara random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah pengukuran dan alat pengumpul data dalam penelitian adalah tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rata-rata (mean) dan effect size. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning diperoleh rata-rata sebesar 66,1 dengan kriteria cukup; 2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu tanpa menerapkan model pembelajaran problem based learning diperoleh rata-rata sebesar 51,2 dengan kriteria kurang; 3) Terdapat perbedaan yang signifikan yang sangat besar antara antara yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan tanpa menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VI SD Negeri 38 Pontianak Utara.References
Abd. Kadir. (2014). Pendidikan Tematik: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Amir, M. (2016). Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 61-70
Hayati, A., Bentri, A., & Rahmi, U. (2017). Analyzing the Issues in the Implementation of Authentic Assessment in the 2013 Curriculum. Al-Ta’lim Journal
Munasik. (2014). Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Sekolah. Jurnal Pendidikan, Volume 15 No. 2.
Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Oktavia dan Taufiq. (2020). Penerapan model problem based learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol. 4, No.1 hal 98-107
Putra. (2013). Model-model problem based learning (PBL). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Robiyanto. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2, No.1 hal 141-121
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2015). Pembelajaran tematik terpadu: teori, Pratik dan penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi kurikulum . Jakarta: Bumi Aksara.
Siswanto.dkk (2012). Problem-Based Learning dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2), 127-133
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2020). Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT. Refika Aditama
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.