PENDEKATAN SOMATIS, AUDIOTORIAL, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) BERBANTUKAN MEDIA ANIMASI MATERI SISTEM PERNAFASAN TERHADAP HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.26110Keywords:
Somatis, Auditorial. Visual, Intelektual, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) pada materi pernafasan menggunakan media animasi dalam kajian hasil belajar dan pengelolaan pembelajaran siswa MA Darul Ulum Palangkaraya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa MA Darul Ulum berjumlah 29. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar termasuk kategori rendah dengan nilai N-score 0,18, dan ketuntasan belajar siswa juga termasuk dalam kategori rendah yaitu 65% belum tuntas.References
Afaf, A. (2018). Pengaruh Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernafasan Kelas VIII SMP Negeri 7 Palembang [Universitas Sriwijaya]. https://repository.unsri.ac.id/8052/
Ajie, T. M., Rondli, W. S., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Melalui Model Auditory Intelectually Repetition. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 793–799. https://doi.org/10.31004/JRPP.V6I3.18314
Ananda, T. H. T. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (Savi) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar [Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/60782/3/4.%20Abstrak.pdf
Antika, H., Priyanto, W., Purnamasari, I., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., & Ilmu Pendidikan, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Sandisko Dengan Model Somatic Auditory Visualization Intellectually Terhadap Hasil Belajar Tema Kebersamaan Kelas 2. Ejournal.Undiksha.Ac.Id, 24(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21288
Darmuki, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 06(02). https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/687
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika?: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://core.ac.uk/download/pdf/440358389.pdf
Faiziya, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Manbaul Ulum Tangsil Wetan Wonosari Bondowoso. http://digilib.uinkhas.ac.id/20408/
Harefa, D., Ge’e, E., Ndruru, K., Ndruru, M., Dian, L., Ndraha, M., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Hulu, F., Keguruan, S. T., Pendidikan, I., & Selatan, N. (n.d.). Pemanfaatan Laboratorium IPA di SMA Negeri 1 Lahusa. Ejournal.Uki.Ac.Id, 5(2), 105–122. Retrieved May 19, 2023, from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/2062
Hermawan, S. S., & Amirullah, S. (2021). Metode penelitian bisnis: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif (01 ed., Vol. 1). Media Nusa Creative. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=tHNMEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=metode+penelitian+pendekatan+kualitatif&ots=GNV4_Pmqio&sig=5PNbPuIapOvlQjHeriite9hGpUI
Khusniyah, P. T. W., Sahrul, J. N., Mariyati, & Ariyanto, R. (2022). Pemanfaatan Laboratorium Virtual IPA Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SDN 1 Telogotuwung Blora. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 05(01), 95–99. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/6378
Kurniawan, A. D. (2017). Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar). PEMBELAJARAN SAVI(SOUMATIC, AUDITORY, VISUAL, DAN INTELECTUAL) BERBANTUKAN MEDIA FLASH BERBASIS LESSON STUDYPADA MATA PELAJARAN IPA , 37–41. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9744
Maisari, C., & Pranooto, H. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Monera. Best Journal (Biology Education Science & Technology), 6(30), 1–13. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/4322
Maulita, N. I. (2019). Aktivitas Belajar Siswa dengan Penggunaan Model Pembelajaran Somatik, Auditori, Visual Dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Animasi di SMA Inshafuddin Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8018/
Muawana, A., & Erman. (2023). Identifikasi Miskonsepsi Dalam Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46235
Muliarta, A. K., Gusti Agung Oka Negara, I., Wayan Wiarta, I., & Kunci, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 131–142. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/28961
Nurharipa, S. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis SAVI (Somatic, Audiotory, Visual, Intellectual) Pada Materi Sistem Respirasi di SMAN 1 Padang Ganting [IAIN Batusangkar]. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/24257
Panjaitan, R. G. P., Titin, & Putri, N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. JurnalPendidikanSainsIndonesia(Indonesian Journal of Science Education), 08(01), 141–151. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/40331
Pebriyanti, T. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Word Square pada materi sistem pernapasan [UIN Sunan Gunung Djati]. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50706
Pratiwi, K., Wijayati, N., Mahatmanti, F., & Marsudi. (2019). Pengaruh model pembelajaran Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(01), 2337–2348. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/15385
Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 291–296. https://doi.org/10.31004/JRPP.V2I2.486
Safitri, S. R. E., & Setyawan, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Banyuajuh 6 Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Nasional Pendidikan, 338–344. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1057
Sardi, M. F. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Pendekatan Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual (Savi). Jurnal IT-IDU, 05(01), 389–397. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37570
Sari, F. (2020). Penggunaan Bahan Ajar IPA berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Classroom ACtion Research, 02(02), 76–83. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jcar.v2i2.464
Simatupang, A. C., & sitompul, A. F. (2018). Analisis sarana dan prasarana laboratorium biologi dan pelaksanaan kegiatan praktikum biologi dalam mendukung pembelajaran biologi kelas XI. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), 109–115. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/10148
Simorangkir, A. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI IPA SMA Swasta Teladan Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 [Universitas Negeri Medan]. In Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (Vol. 6, Issue 30). http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32960
Sugiarti, E. (2018). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Ciputat. Jurnal Kreatif?: Pemasaran, Sumberdaya Manusia, Dan Keuangan, 06(03), 49–58. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1068467&val=16020&title=PENGARUH%20KEDISIPLINAN%20TERHADAP%20KINERJA%20PEGAWAI%20PADA%20BADAN%20METEOROLOGI%20KLIMATOLOGI%20DAN%20GEOFISIKA%20WILAYAH%20II%20CIPUTAT
Sulaksana, I. Y. T., Margunayasa, I. M., & Wibawa, C. (2018). Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) berbantuan LKS terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3), 180–188. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/19346
Trisnawati, R., Noviati, W., & Syafruddin. (2018). Pengaruh Hands-On Activity Melalui Model Pembelajaran SAVI Berbasis Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Moyo Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dan Riset Biologi, 01(01), 24–28. http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/JPRB/article/view/257
Wahyuni, F. R. E., & Kasuma, H. (2012). Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Vox Edukasi?: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 03(02), 116–125. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/ve.v3i2.412
Yuniastuti, E. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dengan Metode Belajar SAVI Pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan Tahun Pelajaran 2018/2019. RESEARCH LEMBARAN PUBLIKASI ILMIAH, 02(02), 20–26. http://www.ojsuntri.web.id/index.php/RESEARCH/article/view/10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mukhlis Rohmadi, Nurul Septiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.