REPRESENTASI KRITIK SOSIAL TERHADAP FENOMENA POLITIK TRANSAKSIONAL PADA KONTEN PARODI POLITIK AKUN INSTAGRAM @BILLY_FLBS

Authors

  • Muhammad Arif Universitas Abdurrab
  • Vinny Aprillya Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25847

Keywords:

Representasi, Parodi Politik, Politik Transaksional

Abstract

Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui bagaimana representasi kritik sosial terhadap fenomena politik transaksional pada akun Instagram @billy_flbs. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah akun Instagram @billy_flbs yang menampilkan berbagai macam jenis konten yang meliputi video-video parodi politik. Sedangkan objek penelitian ini adalah kritik sosial terhadap politik transaksional yang direpresentasikan dalam konten parodi politik akun Instagram @billy_flbs dengan judul video “Lama-lama Ampun Juga”. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mengamati konten parodi politik yang telah dipilih berdasarkan kriteria jumlah viewers atau penonton terbanyak.Teori yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes, yaitu untuk mengetahui makna denotatif, konotatif dan mitos yang terkandung pada konten tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konten parodi politik milik akun Instagram @billy_flbs merepresentasikan kritik sosial terhadap fenomena politik transaksional. (2) Politik transaksional atau jual-beli suara masih menjadi kebudayaan yang lazim dilakukan ketika masa kampanye. (3) Akibat dari kegiatan politik transaksional adalah menciptakan calon-calon anggota pejabat yang korupsi dan berakibat menurunnya nilai demokrasi. Implikasi dari penelitian ini adalah calon pejabat eksekutif dan legislatif beserta masyarakat sangat perlu mentaati aturan dan norma terkait kampanye, serta menghindari kegiatan politik transaksional untuk tetap menjaga nilai-nilai demokrasi, serta perlunya penataan bagi sistem hukum di Indonesia agar memberi sanksi lebih tegas kepada pelaku politik transaksional.

References

Aclc.kpk. (2024). Mengapa Politik Uang Tak Bisa Dihilangkan di Masa Pemilu. https://aclc.kpk.go.id/aksi-informasi/Eksplorasi/20240213-mengapa-politik-uang-tak-bisa-dihilangkan-di-masa-pemilu

Arif, Muhammad. (2022). Dinamika Komunikasi Politik Di Era Digital. Yogyakarta: Bintang SemestaMedia. Hal:60.

Christomy, Tommy dkk. (2004). Semiotika Budaya. Depok: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia. Hal:255

Databoks. (2023). Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-ke-4-di-dunia#:~:text=Silakan%20login%20untuk%20mengakses%20informasi%20ini.&text=Menurut%20laporan%20We%20Are%20Social,Instagram%20terbanyak%20keempat%20di%20dunia.

Instagram. (2024). Profil Akun Instagram @billy_flbs. https://www.instagram.com/billy_flbs/

Mutiara, Agnes P & Purbawaningsih, Yudi. (2014). Aktivitas Kampanye Calon Legislatif DPRD I Dengan Daerah Pilihan Daerah Istimewah Yogyakarta 5 dan Efeknya pada Perolehan Suara (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pemilihan Calon Anggota Legislatif DPRD I Daerah Pilihan Daerah Istimewa Yogyakarta 5). Jurnal. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya. https://e-journal.uajy.ac.id/6661/1/JURNAL.pdf.

Solihah, Ratnia. (2016). Politik Transaksional Dalam Pilkada Serentak dan Implikasinya bagi Pemerintahan Daerah di Indonesia. Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. Vol 2, No. 1. https://media.neliti.com/media/publications/102789-ID-politik-transaksional-dalam-pilkada-sere.pdf

Strauss, An & Corbin, J. (2002). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7300/10/Bab10_Penelitian%20Kualitatif_3.pdf.

Surokim. (2016). Riset Komunikasi: Strategi Praktis Bagi Peneliti Pemula. Madura: Pusat Kajian Komunikasi Publik Prodi Ilmu Komunikasi, FISIB-UTM & Aspikom Jawa Timur. https://www.academia.edu/31781777/Riset_Komunikasi_Strategi_Praktis_bagi_Peneliti_Pemula?auto=download.

Wicaksono, B.K. (2021). Parodi Politik dalam Demokrasi Digital Studi Kasus: Akun Instagram Nurhadi-Aldo. Jurnal. Jakarta: Universitas Indonesia. https://ojs.uma.ac.id/index.php/perspektif/article/view/3996/3047.

Wijaya, Amanda R. (2023). Analisis Framing Dalam Pemberitaan kasus Pembunuhan Brigadir J (Studi Kasus pada Akun Youtube Kompas TV). Skripsi. Pekanbaru:Universitas Abdurrab. Amanda Rara Wijaya.pdf.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Arif, M. ., & Aprillya, V. . (2023). REPRESENTASI KRITIK SOSIAL TERHADAP FENOMENA POLITIK TRANSAKSIONAL PADA KONTEN PARODI POLITIK AKUN INSTAGRAM @BILLY_FLBS . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1179–1184. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25847