PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARADI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25573Keywords:
Model Student Fasilitator And Explaining, Keterampilan Berbicara.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Student Fasilitator And Explaining untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran tematik siswa kelas V UPT SD Negeri 003 Buluh Nipis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V UPT SD Negeri 003 Buluh Nipis, diketahui bahwa kemampuan berbicara masih rendah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini akan dilaksanakan di UPT SD Negeri 003 Buluh Nipis. Lokasi tepi jln raya lintas pku-teluk kuantan. Kecamatan Kampar kiri tengah . Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab sebelumya maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model student fasilitator and explaining dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di UPT SD Negeri 003 Buluh Nipis. Berdasarkan grafik dapat diketahui bahwa Keterampilan siswa dalam berbicara siswa sebelum tindakan diperoleh persentase sebesar 32% atau dengan kategori “kurang”, kemudian pada siklus I pertemuan 2 sebesar 68% dengan kategori “cukup” dan siklus II pertemuan 2 sebesar 89% dengan kategori “baik”.References
Ardani, H N. 2014. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Metode Student Facilitator And Explaining (SFE)”. Hasil Penelitian. (Purworejo: Universitas Purworejo)
Arikunto S, 2006, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek, Jakarta:Rineka Cipta.
Arikunto S. (2014) Penelitian Tindakan Kelas Jakarta:Rineka Cipta.
Asrori, M. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Baeti N S (2016) “penerapan model student fasilitator and explaining untuk meningkatkan keterampilan berbicara “
Buku Pedoman Guru Tema : Lingkungan sahabt kita kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Depdiknas. 2007. Kurikulum 2004 Standar Kopetensi Taman Kanak-kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta. Dirjen Dikdasmen
Handayani, W. (2013). Peningkatan Kemampuan berbicara melalui strategi pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas v sd negeri i baleharjo tahun ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Hasan S M (2020) “meningkatkan kemampuan komunikasi dan presentasi belajar ips pada tematik melalui model student fasilitator and explaining”
Hutri H, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V Sekolah Dasar Negri 163 Pekanbaru. Skripsi, Pekanbaru: UIN
Hutri H, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V Sekolah Dasar Negri 163 Pekanbaru. Skripsi, Pekanbaru: UIN
Ismiati, W N. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Pada Pembelajaran IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian (Surakarta : Universitas Sebelas Maret).
Kurniasih. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Mariani W P. Rusni N K P. Susrawan N A. 2016, Peningkatan Kemampuan berbicara dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Siwsa Kelas VIII 6 SMP Negeri 4 Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016, dalam jurnal Santi Aji Pendidikan, Vol. 6, No. 2,
Nugiantoro, (2013) Keterampilan Berbicara, bandung pustaka setia
Rahman, A. Joko, (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Rita K. 2009. Metodelogi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Sakilah, 2019, Pembelajaran Ilmu Pngetahuan Alam,Pekanbaru : Kreasi Edukasi
Santa, M A. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD Negeri 2 Gianyar”. Laporan Penelitian (Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha).
Santi P (2019) peningkatan keterampilan komunikasi pada pembelajaran tematik subtema penting nya menjaga makanan sehat melalui model pembelajaran kooperatif tipe student fasilitator and explaining bagi siswa kelas V MI-AL HIDAYAH TARI SUDOARJO ( 13/9/2019)
Seprina W, 2017, Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Taman Kanak-Kanak (TK). Skripsi, Pekanbaru: UIN
Sisca P. 2006. Menumbuhkembangakan Rasa Percaya Diri pada Anak Usia 4-6 Tahun. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Suprijoyo, Model pembelajaran student fasilitator and explaining, model yang melibatkan keaktifan siswa (2009 :128 ).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Afriyenti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.