PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI 7 BELINYU

Authors

  • Ghea Violetta Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • M Iqbal Arrosyad Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Sisi Pitriyana Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24913

Keywords:

Bangun Ruang, Hasil Belajar, Model Numbered Heads Together (NHT)

Abstract

Model pembelajaran bervariatif merupakan cara dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pada kelas V SDN 7 Belinyu model pembelajaran masih menerapkan model pembelajaran konvensional, imbasnya keaktifan siswa didalam kelas kurang memuaskan. Keaktifan ini berkorelasi terhadap hasil belajar siswa kelas V yang terlihat masih belum sepenuhnya mencapai KKM. Penelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui apakah model NHT berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V SDN 7 Belinyu.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini berbentuk One group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Pelaksanaan penelitian dilakukan dikelas V SDN 7 Belinyu dengan populasi sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan teknik sensus/sampling total. Data diuji menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yang didapatkan sebelum menggunakan model NHT hanya mencapai 55,1. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada saat telah digunakannya model NHT mencapai 83,2 yang menunjukkan nilai berada di atas KKM. Selanjutnya melalui uji normalitas didapatkan hasil nilai pretest 0,00 < 0,05 dan nilai posttest 0,00 < 0,005. Kemudian hasil uji hipotesis didapatkan nilai Sig antara pretest dan posttest berada dinilai 0,00 < 0,05. Berdasarkan uji yang dilakukan semakin menunjukkan bahwa model NHT dinilai dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 7 Belinyu.

References

ALbdullalh, R. (2017). Pengalruh peneralpaln model pembelaljalraln kooperaltif tipe jigsalw paldal maltal pelaljalraln kimial di maldralsalh alliyalh. Lalntalnidal journall, 5(1), 13-28.

ALdi. (2013). Model Pembelaljalraln. Balndung: ALlfalbetal

ALgus. (2018). Pengalruh Model Pembelaljalraln Numbered Heald Together (Nht) Terhaldalp Halsil Belaljalr Maltemaltikal Siswal Di Kelals IV Sdn 4 Balndal ALceh. Jurnall Pendidikaln Sekolalh Dalsalr., 2(2)

ALlphal. (2017). Pengumpulaln Daltal Kualntitaltif. Jalkalrtal: PT Pustalkal ALnne. (2016). Teknik Pengumpulaln Daltal. Jalkalrtal: ALlfalbetal

Bidalri. (2021). Pendidikaln dalsalr. Jalkalrtal: PT Pustalkal Malndiri

Dalrmalwiyalh, D. (2017). Straltegi Pembelaljalraln Fiqih Malwalris paldal Dalyalh Maldinaltuddiniyalh Dalrul Hudal ALloh Galdeng daln Dalyalh Terpaldu Maldinaltuddiniyalh Jalball Nur Palloh Laldal di Kalbupalten ALceh Utalralral. Jurnall Ilmialh Didalktikal, 17(2), 245.

Dewi. (20210. Model Numbered Healds Together. Yogyalkalrtal: PT Intaln Diwalrtal. (2016). Balngun Rualng. Balndung: ALlfalbetal

Edi. (2014). Metode Kualntitaltif. Solo: PT Pustalkal Malndiiri

Faldilalh, N. (2013). Peningkaltaln Halsil Belaljalr Sifalt-Sifalt Balngun Rualng Menggunalkaln Medial Balngun Rualng Multiwalrnal Paldal Siswal Sekolalh Dalsalr. Jurnall Penelitialn Pendidikaln Guru Sekolalh Dalsalr, 1(2), 1-10.

Febriyalnti, ALslalm. (2022). Efektivitals Model Pembelaljalraln Kooperaltif Tipe Numbered Heald Together (NHT) terhaldalp Halsil Belaljalr Maltemaltikal Siswal Sekolalh Dalsalr. Jurnall Pendidikaln Sekolalh Dalsalr., 2(2)

Hosmaln. (2014). Model Numbered Healds Together Paldal Maltal Pelaljalraln Maltemaltikal.

Jurnall Pendidikaln Sekolalh Dalsalr., 2(2), 252

Iralwaldi, Y. (2018). Pembelaljalraln Malteri Balngun Rualng Menggunalkaln Model Pembelaljalraln Numbered Healds Together Di Kelals V SD. Jurnall Pembelaljalraln Prospektif, 2(2). Jalkalrtal: Bumi ALksalral

Joyce, Weil. (2018). Model Pembelaljalraln daln Implementalsi Pendidikaln HALM Dallalm Perspektif Pendidikaln Islalm daln Nalsionall. Reslalj: Religion Educaltion Sociall Lalal Roibal Journall, 3(3), 403-414.

Julialrtini, N. M., & ALrini, N. W. (2017). Peneralpaln model pembelaljalraln NHT untuk meningkaltkaln halsil belaljalr IPAL siswal kelals III. Journall of Educaltion ALction Resealrch, 1(3), 240-250.

Kusumalwalti, H., & Malwalrdi, M. (2016). Perbedalaln Peneralpaln Model Pembelaljalraln Kooperaltif Tipe NHT daln STALD Ditinjalu dalri Halsil Belaljalr Siswal. Scholalrial: Jurnall Pendidikaln daln Kebudalyalaln, 6(3), 251-263.

Malchfud, H. (2018). Peneralpaln model pembelaljalraln kooperaltif tipe numbered healds together (nht) untuk meningkaltkaln respons, alktivitals, daln halsil belaljalr siswal. ALl-Khwalrizmi: Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal daln Ilmu Pengetalhualn ALlalm, 6(2), 105-120.

Nalwalwi. (2013). Penggunalaln medial pembelaljalraln video terhaldalp halsil belaljalr siswal SD. Indonesialn Journall of Primalry Educaltion Penggunalaln, 3(2), 64-72.

Nourhalsalnalh, F. Y., & ALslalm, AL. (2022). Efektivitals Model Pembelaljalraln Kooperaltif Tipe Numbered Heald Together (NHT) Terhaldalp Halsil Belaljalr Maltemaltikal Siswal Sekolalh Dalsalr. Jurnall Balsicedu, 6(3), 5124-5129.

Novital, L., Sukmalnalsal, E., & Praltalmal, M. Y. (2019). Penggunalaln medial pembelaljalraln video terhaldalp halsil belaljalr siswal SD. Indonesialn Journall of Primalry Educaltion, 3(2), 64-72.

Permalnal, E. P. (2016). Peneralpaln Metode pembelaljalraln kooperaltif Numbered Healds Together (NHT) untuk Meningkaltkaln halsil belaljalr daln berpikir kritis siswal paldal maltal pelaljalraln IPS SD. Jurnall Pendidikaln Dalsalr Nusalntalral, 1(2).

Prof. Dr. Sugiyono. (2021). Metode penelitialn pendidikaln pendekaltaln kualntitaltif, kuallitaltif daln R&D

Ralhalyu, T. S. (2021). Metal ALnallisis Efktivitals Model Pembelaljalraln Numbered Heald Together daln Jigsalw Terhaldalp Kemalmpualn Berpikir Kritis Paldal Maltal Pelaljalraln Maltemaltikal Kelals V. Jurnall Ilmialh Walhalnal Pendidikaln, 7(4), 495- 505.

Republik Indonesial, P. R. E. S. I. D. E. N., & Republik Indonesial, K. E. M. E. N. K.

U. M. H. AL. M. (2021). Peralturaln Pemerintalh Republik Indonesial Nomor 57 Talhun 2021 Tentalng Stalndalr Nalsionrepublik Indonesial, P. R. E. S. I. D. E. N., & Republik Indonesial, K. E. M. E. N. K. U. M. H. AL. M. (2021). Peralturaln Pemerintalh Republik Indonesial Nomor 57 Talhun 2021 Tentalng Stalndalr Nalsionall Pendidikaln.ALl Pendidikaln.

Rialdi, Edi. (2014). Metode Staltistikal Palralmetrik daln Nonpalralmetik. Talngeralng: PT Pustalkal Malndiri

Ridwaln. (2015). Perbedalaln Peningkaltaln Halsil Belaljalr Ekonomi Dengaln Meneralpkaln Model Cooperaltif Tipe NHT (Numbered Heald Together) Daln Tipe IOC (Inside Outside Circle) Paldal Pesertal Didik SMAL Muhalmmaldiyalh 1 Pallalngkalralyal. Pedalgogik: Jurnall Pendidikaln, 14(2), 60-70.

Shoimin. (2017) .Implementalsi Model Pembelaljalraln Kooperaltif Tipe Nht Dallalm Pembelaljalraln Maltemaltikal. JURNALL e-DuMalth, 4(2), 30-35.

Sipalyung, AL. (2018). Meningkaltkaln Pemalhalmaln Konsep Maltemaltikal tentalng Sifalt- Sifalt Balngun Rualng Sederhalnal melallui Contextuall Tealching alnd Lealrning. Moshalralfal: Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal, 7(3), 401-412.

Siregalr, S. (2017). Staltistik palralmetrik untuk penelitialn: IALIN Baltusalngkalr

Situmoralng, AL. G., Sipalyung, R., & Silalbaln, P. J. (2020). Hubungaln ALntalral Konsep Diri dengaln Halsil Belaljalr Siswal paldal Siswal Sekolalh Dalsalr. Jurnall Balsicedu, 4(4), 1358-1362

Slalmeto. (2017). Hubungaln ALntalral Konsep Diri dengaln Halsil Belaljalr Siswal paldal Siswal Sekolalh Dalsalr. Jurnall Balsicedu, 4(4), 1358-1362.

Slalvinal. (2019). Model Pembelaljalraln Numbered Healds Together paldal siswal. Jalkalrtal: PT Gralmedial Pustalkal Utalmal

Sudijono, ALnals. (2016). Pengalntalr Evallualsi Pendidikaln.Jalkalrtal; Raljalwalli Pers Sugiyono. (2018). Metode Penelitialn Kualntitaltif. Balndung: ALlfalbetal

Sukmaldinaltal. (2017). Peneralpaln kebijalkaln full daly school terhaldalp halsil belaljalr siswal.

Jurnall Pendidikaln. Balndung: PT Remaljal Rosdalkalryal.

Talral. (2019). Efektivitals model pembelaljalraln kooperaltif tipe Numbered Heald Together (NHT) terhaldalp halsil belaljalr maltemaltikal siswal sekolalh dalsalr. Jurnall Balsicedu, 6(3), 5124-5129.

Tiyalni. (2013). Pengembalngaln Multimedial Interalktif Untuk Pebelaljalraln Volume Balngun Rualng di Kelals V Sekolalh Dalsalr. Primal Malgistral: Jurnall Ilmialh Kependidikaln, 1(2), 168-175.

Widalyalnti, R., & Nur'alini, K. D. (2020). Peneralpaln Model Pembelaljalraln Problem Balsed Lealrning untuk Meningkaltkaln Prestalsi Belaljalr Maltemaltikal daln ALktivitals Siswal. Malthemal: Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal, 2(1), 12-23.

Widyalstuti, E. S. (2015). Peneralpaln model pembelaljalraln discovery lealrning paldal malteri konsep ilmu ekonomi. In Prosiding Seminalr Nalsionall (Vol. 9, pp. 33- 40).

Wijialti. (2016). Maltemaltikal Sekolalh Dalsalr. Jalkalrtal: Raljalwalli Pers

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Violetta, G. ., Arrosyad, M. I. ., & Pitriyana, S. . (2024). PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI 7 BELINYU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1423–1430. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24913