VALIDITAS LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS VI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18083Keywords:
Bangun Datar, Lembar Kerja Siswa, ValiditasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis masalah pada materi bangun datar yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas VI SD. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang mencirikan adanya masalah nyata sebagai konteks bagi siswa untuk mempelajari keterampilan kritis dan pemecahan masalah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) Analisys, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis masalah diperoleh rata-rata hasil validasi materi aspek kelayakan isi kategori sangat valid dengan rata - rata 4,5. Aspek keterbahasaan kategori valid dengan rata-rata 4,1. Aspek kelayakan penyajian kategori sangat valid dengan rata-rata 4,4. Validasi media pada aspek kelayakan isi kategori cukup valid dengan rata - rata 3,4. Aspek kelayakan penyajian kategori sangat valid dengan rata-rata 4,4. Aspek kelayakan kegrafikan kategori valid dengan rata-rata 4. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis masalah pada materi bangun datar untuk digunakan pada siswa kelas VI SD yang dikembangkan dengan model ADDIE dapat digunakan dalam pembelajaran.References
Nur Rahmah. 2013. Hakikat Pendidikan Matematika. Al- Khwarizmi jurnal pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam. vol 1.no 2. P-ISSN: 2337-7666 and E- ISSN: 2541-6499
Banjarani dkk. 2020. Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Siswa Kelas VIII SMP.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) Volume 3, Nomor 2, Oktober 2020 ISSN: 2623-0852.
Bergstrom, C. M., Pugh, K. J., Phillips, M. M., & Machlev, M. (2016). Effects of Problem- Based Learning on Recognition Learning and Transfer Accounting for GPA and Goal Orientation. The Journal of Experimental Education, 84(4), 764 – 786. https://doi.org/10.1080/00220973.2015.1083521
Setijowati. 2017. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA
Nurfazillah. 2017. Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Pencernaan di SMA/MA. Jurnal Pelangi. Vol 8 (2). Hal 167-177
Pachriatul, F. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bajeng Barat. Jurnal Bioedu. Vol 7 (2). Hal 105-115
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2018), hal. 297
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sisi Pitriyana, Sasih Karnita Arafatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.