SUPERVISI SEBAGAI STRATEGI DALAM MEREFLEKSI MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MASYITAH

Authors

  • Jon Hendri Universita Adzkia
  • Tuti Susanti Universita Adzkia
  • Weni Hamdina Universita Adzkia
  • Doni Aizus Idris Universita Adzkia
  • Rahmatul Hayati Universita Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24758

Keywords:

Kompetensi Guru, Supervisi Akademik?.

Abstract

menggambarkan kesimpulan yang berisi gambaran singkat mengenai temuan lapangan dan pembahasan yang dijabarkan sebelumnya. Selain itu, peneliti memberikan saran yang berguna sehubungan dengan penguatan kompetensi guru melalui program supervisi akademik di Sdit Masyithah. Adapun aspek-aspek yang disupervisi yaitu membuka pelajaran, kesesuaian antara indikator dengan materi yang disajikan, mengajukan pertanyaan, menggunakan media pembelajaran, mengadakan variasi pembelajaran, memberikan penguatan, membimbing diskusi kecil, memberi layanan individual, mengelola kelas, melaksanakan penilaian proses, melaksanakan penilaian akhir, dan menutup proses pembelajaran dan memberikan kesimpulan. hal ini dikarenakan dengan menggunakan teknik ini guru dapat mengembangkan kualitas diri pribadi, dikarenakan dengan menggunakan teknik ini guru mempunyai peluang untuk saling tukar pengalaman dan pengetahuan sehingga akan berakibat pada kualitas pribadi guru. bertujuan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan perkembangan peserta didik di sekolah atau untuk menyampaikan kemungkinan-kemungkinan yang menjadi penyebab masalah yang dihadapi oleh peserta didik. mendapatkan peluang untuk saling tukar pengetahuan dan pengalaman sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan wawasan dan pengalaman sehingga dapat meningkatkan wawasan dan kualitas diri pribadi serta profesi

References

Alifah, A. I. (2022). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan Addimyati Jenggawah Jember.

Dahlan, M., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah Dan Diklat Terhadap Kinerja Guru. Journal Of Education Research, 1(3), 218–225. Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V1i3.25

Dr. Tedi Priatna, M. A. (2015). Metodologi Penelitian Evaluasi. A Psicanalise Dos Contos De Fadas. Tradução Arlene Caetano, 48.

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Konseli?: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171–184. Https://Doi.Org/10.24042/Kons.V3i2.564

Fatimah. (2016). Manajemen Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Man 2 Banyumas. 01, 1–23.

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. Https://Doi.Org/10.36769/Asy.V21i1.94

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan. Journal Of Information Systems And Management (Jisma), 2(6), 85–88.

Mita, A. Y. (2019). Penguatan Kompetensi Guru Melalui Program Supervisi Akademik Di Sd Islam Plus Masyithoh Kroya Kabupaten Cilacap.

Rakhmawati, S., Muspiroh, N., Azmi, N., Pd, S. I., Tadris, J., Biologi, I., Bypass, J. P., & Cirebon, S. (2016). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X Di Sma Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatia: Jurnal Sains Dan Pendidikan Sains, 5(2), 156–164.

Siswa, B., Kasus, S., Mi, D. I., & Arif, M. A. (2021). E Thesis Like.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Hendri, J. ., Susanti, T. ., Hamdina, W. ., Idris, D. A. ., & Hayati, R. . (2024). SUPERVISI SEBAGAI STRATEGI DALAM MEREFLEKSI MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MASYITAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 825–829. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24758

Most read articles by the same author(s)