TEORI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MULITIKULTURAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23988Keywords:
Pendidikan, Pendekatan, Multikultural.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teori tentang pendidikan multicultural, pendekatan terhadap pendidikan multicultural, Iimplikasi multikulturalisme terhadap Pendidikan Islam dan penelitiannya. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1)Dalam pendidikan multikultural ada beberapa tokoh yang memiliki peranan penting dalam teori pendidikan multikultural, seperti Horace Kallen, James A. Banks, Bill Martin, Martin J. Beck Matustik dan Judith M. Green. Martin J. Beck Matustik berpendapat bahwa perdebatan tentang multikutural di masyarakat barat berkaitan dengan norma. Judith M. Green menunjukkan bahwa multikulturalisme bukan hanya di AS, karena budaya kecil harus mendapatkan tempat perlindungan dan memperoleh kekuatan dan memberi pengaruh dikebudayaan dominan. 2) Pendekatan untuk integrasi materi etnis ke dalam kurikulum. Pada pendekatan kontribusi, komponen yang berhubungan dengan kelompok etnis ditambahkan pada kurikulum tanpa mengubah strukturnya. Pendekatan aditif terdiri dari penambahan materi, konsep, tema dan perspektif kedalam kurikulum dan strukturnya tidak berubah. 3)Implikasi dari multikulturalisme terhadap pendidikan, utamanya di Indonesia adalah Kesadaran globalisasi membawa saling ketergantungan antara berbagai pihak terkait dan Perlu diberikan dasar-dasar yang utuh dan kuat kepada anak didik sebelum anak didik memiliki dunia spesialisasi sesuai dengan bakatnya.References
Kaman Abd, Lukman Hakim, Dkk, 2022. “Pendidikan Multikultural”. Indramayu : Penerbit Adab.
Nata Abduin. Paradigma Baru Pendidikan Islam.
Pahruddin Agus, Ismail Suardi, 2021. “Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural”. Yogyakarta : Samudera Biru.
Liliweri Alo. 2009 .“Prasangka &Konflik”. Yogyakarta : LKIS Yogyakarta.
Liliweri Alo. 2018 . “Prasangka Konflik & Komunikasi Antar Budaya”. Jakarta : Kencana.
DKK Evanirosa, Cristina Bagenda, 2022. “Penelitian Kepustakaan (Library Research)”. Bandung: CV.Media Sains Indonesia.
Halimatussa’diyah,. 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural”. Surabaya : CV jakad Media Publishing.
Ainul M Yaqin. 2019. “Pendidikan Multikultural”. Yogyakarta : LKIS.
Mastuhu. 1999. “Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam”. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
MusthofaMuhammad, Ariyandi Batu Bara, DKK. “Metode Penelitian Kepustakaan”. (Library research).
RonaldyMuhammad Saputr. 2020. “Metode ilmiah& Penelitian”. Anggota IKAPI.
Mukthtar, Kasful, Dkk, 2021. “Isu-Isu Global Mnajemen Pendidikan Islam”. Yogyakarta : Penerbit Samudra Biru.
AgustianMurniati. 2019 .“Pendidikan Multikultural”. Jakarta : Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Sipuan, Idi Warsah, Dkk. 2022 .“Pendekatan Multikultural”. Aksara : Jurnal Pendidikan Non Formal.
WulandariTaat. 2020. “Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. Yogyakarta : UNY Press.
Tim Dosen PGSD/MI. 2020. “Memperkuat Indentitas Bangsa Melalui Pendidikan Multikultural”. Guepedia.
Bidhawy Zakiyuddin. “Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural”. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Monica Kurnia Wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.