PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23985Keywords:
Pendidikan, Islam, Multikultural.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengertian dari multikulturalisme,sejarah dari multikulturalisme, gagasan dasar dan pemikiran multikulturalisme. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. Pengumpulkan data penelitian berupa data-data kepustakaan yang telah dipilih, dicari, disajikan dan dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Multikulturalisme berarti “keberagaman budaya”. Istilah multikultural ini sering digunakan untuk menggambarkan tentang kondisi masyarakat yang terdiri dari keberagaman agama, ras, bahasa, dan budaya yang berbeda. Secara umum, sejarah multikulturalisme baru sekitar 1970 di berbagai belahan dunia seperti Kanada, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan lainnya yang kemudian diskursus multikulturalisme berkembang sangat cepat. Gagasan dasar multikulturalisme mencerminkan pemahaman tentang keberagaman etnis, budaya, dan agama dalam masyarakat yang beragam. Amerika Serikat, sebagai contoh, mengalami perubahan konsep dari Melting Pot dan Salad Bowl ke multikulturalisme sebagai koreksi terhadap kelemahan sebelumnya. Multikulturalisme membagi pergerakan budaya menjadi ruang publik dan privat, mengembangkan kebanggaan nasional, serta menghargai hak-hak sipil kelompok minoritas. Pendidikan multikultural di Indonesia, yang digagas oleh H.A.R. Tilaar, bertujuan untuk meningkatkan penghargaan terhadap keragaman etnik dan budaya.References
Ahmad Rivaiharahap, Multikulturalisme dalam Bidang Sosial. Jurnal Antropologi Sosial Budaya ETNOVISI, Vol. II, No. 1.
Amin, Muhammad. 2018. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer . Volume 09 , No. 1, Tahun
Baidhawi, Zakiyuddin. 2007. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga
Fauzan, &Suwitno. 2005. Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Persada Media
Fina, dkk . 2022. Teori dasar Pendidikan Multikultur dari Aspek Pengertian Sejarah dan Gagasan-gagasannya, JOEAI (Journal of Education and Instruction), Vol. 5, No. 11
Freire, Paulo. 2002. Politik Pendidikan: Kebudayaan, kekuasaan dan Pembebasan, Terj. Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gaus, Ahmad, dkk. 2008. Cerita Sukses Pendidikan Multikultural di Indonesia. Jakarta: Center For The Study Of Religion and Culture (CSRC) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Ibrahim, Rustam. 2013. Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. ADDIN , Vol. 7, No. 1, Februari
Imam Bukhori. 2019, Membumikan Multikulturalisme. Humanistika, Volume 5, Nomor 1, Januari
Kumala ,Rita Sari. 2021. Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. JURNAL BORNEO HUMANIORA, Vol. 4, No. 2
Muzaki, Iqbal Amar. 2018.Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Islamic World view. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 6, No. 1
Ramedlon, dkk. 2021. Gagasan dasar dan Pemikiran Multikulturalisme. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), Vol. 4, No. 2
Roswati Nurdin. 2019.Multikulturalisme Dalam Tinjauan Al-Qur’an. Jurnal al-Asas, Vol. III, No. 2, Oktober
Rusdiana, Yaya Suryana. 2006. Pendidikan Multikulturalisme: Suatu Upaya Penguatan Jati DirI Bangsa: Konsep, Prinsip dan Implementasi, 194-195.
Sauqi, Ngainun Naim danAchmad Pendidikan Multikultural: Konsep, dan Aplikasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cindi Kloudia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.