PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII SMA XAVERIUS 1 JAMBI TAHUN PELAJARAN 2023/2024 (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA)

Authors

  • Agun Sutrianto SMA Xaverius 1 Jambi
  • Rayandra Asyhar Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23755

Keywords:

Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika siswa dengan mengunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi kelas XII SMA Xaverius 1 Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas XII-5 Fase F. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar matematika siswa, dan hasil observasi sikap siswa selama kegiatan pembelajaran menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas XII-5 SMA Xaverius 1 Jambi mengalami peningkatan. Peningkatan persentase hasil belajar siswa di atas Kritera Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) untuk setiap siklus, yaitu pada siklus I jumlah siswa di atas KKTP sebesar 72,22%, dan untuk siklus II jumlah siswa di atas KKTP sebesar 86,11%. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

References

As’adie, Basuki, 2009, Desain Pembelajaran Berbasis Penelitian Tindakan Kelas. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press. Bahri, Aliem. 2012, “Penelitian Tindakan Kelas”. Makasar: Universitas Muhammadiyah

Arikunto, Suharsimi, dkk., 2011, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Curtis J. Bonk, Charles R. Graham. (2006). The Handbook of Blended learning. USA: Pfeiffer

Daryanto, 2011, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh- Contohnya, Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rika Cipta

Driscoll, M. (2002) Blended Learning: Let’s Get beyond the Hype. IBM Global Services.

Doubet, K.J., & Hockett, J.A. (2017). Differentiation in Elementary Schools: Strategies to Engage and Equip All Learners. Alexandria, VA: ASCD.

Hamzah B. Uno. (2005). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harris, J., Mishra, P dan Kohler, M. (2009) Teacher’s Technological Pedagogical Content Knowledge and Learning Activities Types: Curriculum-based technology Integration Reframed, Journal of Research on technology in Education, 4(4), hal 293-416

Harris, J., Grandganett, N., Hofer, M (2009), Testing a TPACK-Based Integration Assesment Rubric, Journal of Research on technology in Education, 4(4), hal 293-416

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Jihad dan Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogya: Multi Pressindo

Karar, E. E. dan Yenice, N. 2012. The investigation of scientific process skill level of elementary education 8th grade students in view of demographic features. Procedia Social and Behavioral Sciences.

Koehler, M dan Mishra, (2008) Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for educator, Routledge for the American Assosiation of Colleges for Teacher Education, New York

Kunandar, 2008, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesin Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya

Marlina, 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Rachman, dd. (2019). Penerapan Model Blended Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Objek 2 Dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 6, No. 2, Universitas Pendidikan Indosia.

Rosdakarya. Sanjaya, Wina, 2011, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. 2015. Pemebelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sarwiji Suwandi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka

Sofiana, N. 2015. Implementasi Blended Learning Pada Mata Kuliah Extensive Listening. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (1).

Subyantoro. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Erlangga

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyoningsih, T., Kartono, K., & Mulyono, M. 2015. PBL Bernuansa Adiwiyata Dengan Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Karakter Peduli Lingkungan. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2).

Tomlinson C.A. (2014). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. (2nd ed). Alexandria, VA: ASCD.

Tomlinson, C.A., & Sousa, D. (2011). Differentiation and the Brain: How Neuroscience Supports the Learner Friendly Classroom. Solution Tree

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Sutrianto, A. ., & Asyhar , R. . (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII SMA XAVERIUS 1 JAMBI TAHUN PELAJARAN 2023/2024 (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4498–4501. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23755