TRIK KONSOLIDASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MIPA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22554Keywords:
Trik, Konsolidasi, Pendidikan Karakater, Project Based Learning, & MIPAAbstract
Pendidikan karakter seharusnya dimulai sejak pendidikan anak usia dini sampai kepada pendidikan tinggi. Pendidikan karakter memiliki potensi untuk mendorong kaum millennials dalam bergaul dalam lingkungan sekolah maupun dalam lingkungan kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang trik konsolidasi Pendidikan Karakter melalui model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran MIPA. Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 orang mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. Proses penelitian ini melibatkan beberapa tahap yang meliputi diskusi kelompok kecil, survei langsung ke lapangan, analisis data dan serta pengolahan data selanjutnya penyajian hasil. Penelitian ini berlangsung selama tiga minggu. Analisis data yang digunakan adalah teknik presentase dengan menggambarkan setiap aspek sebagai acuan untuk berikutnya. Pendidikan karakter yang ditekankan pada mahasiswa dengan menggunakan berbagai trik konsolidasi dalam pembelajaran MIPA seperti penenaman nilai moral, prilaku etos kerja, pengembangan berbagai emosional dan rasa kasih sayang, ponis, kebiasaan, dan lain sebagainya. Hal ini harus dibiasakan kepada setiap mahasiswa untuk memastika mahasiswa memiliki karakteristik dan integritas yang tinggi yang meliputi aspek pengetahuan atau pemahaman, sikap dan ketrampilan. Melalui integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran MIPA, perguruan tinggi dapat menciptakan lulusan yang tidak hanya memiliki keunggulan akademis tetapi juga membawa sikap, nilai-nilai, dan etika yang kuat dalam menjalani karir dan berkontribusi pada masyarakat.References
Abdul, M dan Dian, A,. (2010). Pedidikan karakter dalam perspektif Islam, Bandung: Insan Cita Utama.
Abdulloh, H. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren, Pelajar dan Santri dalam era IT & Cyber Culture, Surabaya: IMTIYAZ.
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama.
Amirullah, S. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter; Panduan Lengkap Mendidik karakter Anak di Sekolah, Madrasah, dan Rumah, Jakarta: As@-Prima Pustaka.
Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media.
Doni, K. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo.
Fatchul Mu’in,. (2011). Pendidikan Karakter Kontruksi Teoretik dan Praktik, Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Heri, C. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai dalam Membentuk Karakter Religius, Jurnal Ri?ayah, 1(2) : 234.
Ikhlas, A. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Teorema Phygoras. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1395-1406.
Ikhlas, A. (2022). Efektivitas Whatsapp sebagai media Belajar Daring di Sekolah Dasar.
Kemendiknas, (2010). Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kosasih, E., (2014). Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya.
Suhana., C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran Bandung : Refika Aditama.
Syamsul, K. (2014). Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Undang No 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan (Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 82, Tambahan Lembaga Negara Republik Indonesia Nomor 5234).
Yahya Khan,. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan, Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al Ikhlas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.