PENDIDIKAN KARAKTER DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SATUAN PENDIDIKAN

Authors

  • Muhammad Taufiq Universitas Islam An-Nur Lampung
  • Setyastutik Setyastutik Universitas Islam An-Nur Lampung
  • Khairil Anwar Universitas Islam An-Nur Lampung
  • Agus Setiono4 Universitas Islam An-Nur Lampung
  • Ali Rido Universitas Islam An-Nur Lampung
  • Nurul Hidayati Murtafiah Universitas Islam An-Nur Lampung
  • Busro Gali Universitas Islam An-Nur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23708

Keywords:

Pendidikan Karakter, Satuan Pendidikan, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Pendidikan karakter di satuan Pendidikan. Sejalan filosofi Ki Hajar Dewantara, Pendidikan bertujuan untuk menuntun murid mencapai kebahagiaan dan keselamatan sesuai kodrat alam dan kodrat zamannya, seyogyanya guru sebagai penuntun mempunyai kemampuan pedagogic dalam mengantarkan murid mencapai tujuan tersebut. Metode penelitian disini menggunakan metode kajian literatur, menganalisis hasil penelitian-penelitian terkait penerapan Pendidikan karakter di sekolah-sekolah penggerak. Hasil penelitian literatur menunjukan bahwa Pendidikan karakter sudah diterapkan dalam proses pembelajaran, ekstrakurikuler dan ko kurikuler. Pendidikan karakter telah mendorong murid mampu bernalar kritis, kreatif, berkebhinekaan global, dan kolaboratif.

References

Asbari, Arsyad Firdaus (2023) Kurikulum Merdeka dan Keunggulannya dalamPenciptaan Perubahan di Dunia Pendidikan. SMP Bisnis Aya Sophia Islamic School, 2963- 3176

Baharuddin, M (2021) Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program StudiUniversitas Cokroaminoto Palopo, Indonesia

Indriani, Nina : et al (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, : 2807 – 1379

Jannati, Putri : et al (2023) Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Mahasiwa PGMI Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2620-5807

Nurdiana, sar : et al , Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah dasar Pada Kurikulum Merdeka,Universitas Muria Kudus.

Marisa, Mira (2021). Curriculum Innovation “Independent Learning” In The Era Of Society 5.0 Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” Di Era Society 5.0 Program Magister Manajemen Pendidikan Islam, FITK, UIN Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan. 2541-6130

Rahayu, restu : et al . (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia) 6313 – 6319

Sumarsih, Ineu : et al ( 2022)Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia. 8248 – 8258

Santoso, Gunawan : et al (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Universitas Muhamamdiyah Jakarta, Indonesia. 2963-3176

Solehudin, deni (2022) Konsep Implementasi Kurikulum Prototype, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, 7486 – 7495

Tono Supriatna Nugraha , Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Yaripudin : et al (Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Zahroul Fitriyah, Chumi : et al (2022) Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jember.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Taufiq, M. ., Setyastutik, S., Anwar , K. ., Setiono4, A. ., Rido, A. ., Murtafiah, N. H. ., & Gali, B. . (2023). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SATUAN PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1–4386. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23708

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.