MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KETRAMPILAN 4C SISWA SMP DALAM MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA

Authors

  • Sitti Hajiyanti Makatita Universitas Iqra Buru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22453

Keywords:

Model Discovery Learnig, Keterampilan 4C, Sistem Pernapasan Manusia.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting untuk membangun dan mencerdaskan bangsa. Pendidikan juga berperan dalam menghadapi persaingan dunia pada era globalisasi. Hal ini menyebabkan  harus adanya peningkatan pendidikan agar tersedianya Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Untuk itu dalam belajar pelajar dituntut untuk berkompetensi, kompetensi yang harus dimiliki siswa adalah kompotensi 4C. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan  model discovery learning terhadap keterampilan 4C siswa Kelas VIII konsep materi sistem pernapasan manusia Smp IT Tunas Bangsa. Dalam Penelitian ini meggunakan penelitian deskritif  kualitatif. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa kelas VIII IT Tunas Bangsa dan teknik pengambilan sampel dari semua anggota populasi sejumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan instrumen lembar observasi keterampilan 4C. Dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan rekapitulasi rata-rata skor perolehan terbesar pada aspek-aspek penilaian dari berbagai keterampilan 4C yaitu rubrik berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Berikut merupakan presentasenya: keterampilan 4C pada rubrik berpikir kritis sebesar 91,6  (kategori baik),  hasil dari rubrik kolaborasi sebesar 11,6 (kategori kurang), hasil rubrik komuniksi sebesar 91,6 (kateori sangat baik) dan hasil dari rubrik kreativitas sebesar 100 (kategori sangat baik). Hal tersebut berarti bahwa model discovery learning dapat di gunakan untuk penilaian keterampilan 4C dalam proses pembelajaran terkhusus pada rubrik berpikir kritis, komunikasi dan rubrik kreativitas belajar pada materi sistem pernapasan manusia.

References

Amelia, K., & Astuti, S. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dan Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran Subtema Perubahan Bentuk Energi Kelas III Gugus Sudirman. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(2), 151-157. https://doi.org/10.5281/zenodo.3742727

Astuti, R. (2012). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa (Pokok Bahasan Limbah dan Pemanfaatan Limbah Kelas XI Semes (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Dewi, S. N. (2016). pengaruh penerapan pembelajaran PBL (problem based learning) Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IIS SMA Nugraha bandung tahun pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Fkip,Unfas ).

Fadhil, M. R. I. (2016). Penerapan model discoveri learning untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa pada tema merawat hewan dan tumbuhan subtema hewan disekitarku (Peneli tian Tindakan Kelas di kelas II Sekolah Dasar Negeri Halimun Kecamatan Lengkong Kota Bandung Tahun Ajaran 2015/2016) (Doctoral dissertation, Fkip Unpas).

Fajri, Z. (2019). Model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 64-73. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478

Nowita P.I, dkk (2021). Development of Students Worksheets Oriented 4C Skills on Biology Subject for Class XI Semester II (Define Phase). Ruang-ruang Kelas: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 8-16. http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i3.11609

Lestari, R, dkk. (2021). Pentingnya Kreativitas Guru dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 120.

Makatita, H.S. dan Azwan. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mia Di Sma Negeri 2 Namlea. Jurnal Biologi Science & Education. http://dx.doi.org/10.33477/bs.v10i1.1521

Meliala. (2020). Perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model problem based learning dan model discovery learning materi segiempatdi kelas VII Smp Negeri 3 Sei Bingat TA 2020/2021.

Makatita, H.S. (2020). Pengaruh Kandungan Rebung Dalam Menurunkan kadar kolesterol dan Tekanan darah. Edu Dharma Journal, Vol 4 (1) 46-57 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Maharani, B. Y. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar IPA. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 549-561.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta

Oktari, A (2020). Pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV (Penelitian Quasi Eksperimen di kelas IV SDN 027 Cicadas Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung) (Doctoral dissertation, Fkip Unpas).

Partono, P., dkk. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative).Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41-52.

Rachmawati, I. M. (2015). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis menggunakan model problem based instruction siswa kelas IXG SMP Negeri 3 Banguntapan. Universitas PGRI Yogyakarta.

Reza, I. dkk, (2021). Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia dini di taman kanak-kanan yayasan kasih ibu peninjauan Kecamatan Waro Sebo Ulu Kabupaten Batanghari (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Sartika, Rahma dan Lufri. 2018. Pengembangan Modul IPA Bernuansa Spiritual pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk SMP/MTs. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi,Vo. 3, No. 1: 22

Simanjuntak, S. M. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group Investigation (GI) berbantuan media komputer terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 10 Medan TA 2013/2014 (Doctoral dissertation, Unimend

Widyaningrum, D. A., & Prasmala, E. R. (2021). Profil analisis kebutuhan handout Matakuliah Bahasa Inggris Profesi berbasis model pembelajaran Task Based Learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Malmia, W.Dkk. (2021). Pengaruh Minat dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Buru. Uniqbu Jurnal. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i1.5

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zamal, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Shalat Melaluwwi Model Kolaborasi Pada Siswa Kelas III SDN Kembangan Selatan 01 Jakarta Barat (Doctoral dissertation, Fakultas Agama I

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Makatita, S. H. . (2023). MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KETRAMPILAN 4C SISWA SMP DALAM MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3775–3781. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22453

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.