STUDI KEPUSTAKAAN PENDIDIKAN AKTIF, KREATIF DAN MENYENANGKAN DALAM PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI DALAM KURIKULUM PADA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41103Keywords:
Pendidikan Aktif, Kreatif, MenyenangkanAbstract
Pendidikan aktif, kreatif, dan menyenangkan merupakan pendekatan pedagogis yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Dengan memanfaatkan metode interaktif seperti permainan edukatif, proyek kreatif, dan pembelajaran berbasis masalah, pendekatan ini menciptakan lingkungan yang mendukung eksplorasi dan kolaborasi. Selain itu, pendidikan ini menekankan pentingnya nilai-nilai moral dan keterampilan praktis, sehingga siswa tidak hanya memahami teori tetapi juga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat berkembang secara holistik, mencapai kedewasaan, dan menjadi individu yang berpikir kritis serta bertanggung jawab. Dengan demikian, pendidikan aktif, kreatif, dan menyenangkan berkontribusi pada pembentukan generasi muda yang mampu bersaing di era global.References
Jamal M’mur. 2014. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: DIVA Press.
Rosdiana A.Bakar. 2012. Pendidikan Suatu Pengantar. Medan: Citapustaka Media Perintis.
Bamawi Dan M. Arifin. 2015. Micro Teaching. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Biggs. John B. and Ross Telfer. 1987. The Process Of Learning, edisi kedua.
Brahim. K.T. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV SD Melalui Peridekatan Penempatan Sumber Daya Alam Hayat Di Lingkungan Sekitar (online) 8 April 2014.
Budimansyah. Dasim. dkk. 2009. PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.
Bandung: PT Genesindo.
Cameron M. Ford and Dennis Gioia. 2000. Factors Influencing Creativity in the Domain of Managerial
Decision Making Journal of Management. Vol. 26. No.4,2000, p. 705-732.
Helmi. Fauzi. 2011. Proses Pembelajaran Di Madrasah Aliyah. Bandung: Skripsi Pada UPI.
Harris Herdiansyah. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Indrawati. 2011. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. http://www.mgp.depdiknas.go.Id/cms/upload/publikasi/m0I.01b.pdf
Ismail, Sirajudin dkk, 2012 Spektrian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. Makasar: CV. Kreatif Lenggara. Cetakan 1.
Meleong. Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Notoadmodji, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nurhayanti. 2015. Http://Pendidikan.nurhayanti.2015.tandung.co.id
Samiyatiningsih. Dien. 2006. Mengajar dengan kreatif & menyenangkan. Yogyakarta: Andi Offset.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Susanto. 2005. Sistem Informasi Bina Cipte. Jakarta: PT Ragrindo Persada.
Hioha. Drs. M. Chabib. 1991. Teknik evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Deasy Manutilaa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.