STUDI KEPUSTAKAAN PENDIDIKAN AKTIF, KREATIF DAN MENYENANGKAN DALAM PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI DALAM KURIKULUM PADA SISWA

Authors

  • Deasy Manutilaa Politeknik Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41103

Keywords:

Pendidikan Aktif, Kreatif, Menyenangkan

Abstract

Pendidikan aktif, kreatif, dan menyenangkan merupakan pendekatan pedagogis yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Dengan memanfaatkan metode interaktif seperti permainan edukatif, proyek kreatif, dan pembelajaran berbasis masalah, pendekatan ini menciptakan lingkungan yang mendukung eksplorasi dan kolaborasi. Selain itu, pendidikan ini menekankan pentingnya nilai-nilai moral dan keterampilan praktis, sehingga siswa tidak hanya memahami teori tetapi juga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat berkembang secara holistik, mencapai kedewasaan, dan menjadi individu yang berpikir kritis serta bertanggung jawab. Dengan demikian, pendidikan aktif, kreatif, dan menyenangkan berkontribusi pada pembentukan generasi muda yang mampu bersaing di era global.

References

Jamal M’mur. 2014. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: DIVA Press.

Rosdiana A.Bakar. 2012. Pendidikan Suatu Pengantar. Medan: Citapustaka Media Perintis.

Bamawi Dan M. Arifin. 2015. Micro Teaching. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Biggs. John B. and Ross Telfer. 1987. The Process Of Learning, edisi kedua.

Brahim. K.T. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV SD Melalui Peridekatan Penempatan Sumber Daya Alam Hayat Di Lingkungan Sekitar (online) 8 April 2014.

Budimansyah. Dasim. dkk. 2009. PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.

Bandung: PT Genesindo.

Cameron M. Ford and Dennis Gioia. 2000. Factors Influencing Creativity in the Domain of Managerial

Decision Making Journal of Management. Vol. 26. No.4,2000, p. 705-732.

Helmi. Fauzi. 2011. Proses Pembelajaran Di Madrasah Aliyah. Bandung: Skripsi Pada UPI.

Harris Herdiansyah. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Indrawati. 2011. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. http://www.mgp.depdiknas.go.Id/cms/upload/publikasi/m0I.01b.pdf

Ismail, Sirajudin dkk, 2012 Spektrian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. Makasar: CV. Kreatif Lenggara. Cetakan 1.

Meleong. Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Notoadmodji, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nurhayanti. 2015. Http://Pendidikan.nurhayanti.2015.tandung.co.id

Samiyatiningsih. Dien. 2006. Mengajar dengan kreatif & menyenangkan. Yogyakarta: Andi Offset.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Susanto. 2005. Sistem Informasi Bina Cipte. Jakarta: PT Ragrindo Persada.

Hioha. Drs. M. Chabib. 1991. Teknik evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Manutilaa, D. (2025). STUDI KEPUSTAKAAN PENDIDIKAN AKTIF, KREATIF DAN MENYENANGKAN DALAM PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI DALAM KURIKULUM PADA SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 166–174. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41103

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.