PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 008 SUNGAI SEGAJAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.22099Keywords:
Model Pembeljaraan,Hasil belajarAbstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN 008 Sungai Segajah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang disajikan sebanyak empat kali pertemuan, dan dua kali ulangan harian dalam dua siklus. Peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari 76% pada siklus I, sedangkan pada siklus II menjadi 95%. Dengan demikian dapat dikatakan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswaReferences
Arikunto, dkk, 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta.
Anita Lie, 2004. Cooperative Learning: Memperaktikkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo
Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran kooperatif : Universitas Negeri SurabayaMade Wena, 2009, Strategi Pembelajaran Inovatif. Jakarta : Bumi Aksara
Riduwan, 2008 Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan PenelitiPemula,
Bandung: Alfabeta.
Sardiman, 2007 Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Raja Grapindo, Jakarta. Slavin, 2008. Cooperatif Learning Theori Researc and Practice, Terjemahan FKIP IPS UNRI Sudjana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru algensindo.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif, Kencana: Jakarta.Wina Sanjaya, 2008. Strategi Pembelajaran, Kencana : Jakarta.
Wiraatmadja, 2005, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Remaja Rosdakarya,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mislaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.