ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI AROEPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.26917Keywords:
Implementasi Kurikulum, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini melibatkan peneliti secara langsung dalam mengumpulkan, mengolah, dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data adalah proses mencari dan menyusun data secara sistematis yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori-kategori, kemudian memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari serta menarik kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh peneliti sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, analisis data yang digunakan adalah metode oleh Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan : penarikan/verifikasi. Pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Negeri Aroeppala dibagi menjadi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran berbasis proyek yaitu Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila (P5) yang dilaksanakan secara blok. Bentuk kegiatan pembelajaran adalah pembelajaran berdiferensiasi, sesuai dengan kebutuhan siswa. Pelaksanaan praktik baik dalam penerapan kurikulum merdeka di SD Negeri Aroeppala dilakukan oleh peserta didik, guru, dan kepala sekolah. Semua praktik baik berdasar pada Profil Pelajar Pancasila. Keunggulan yang dirasakan dalam penerapan kurikulum merdeka di SD Negeri Aroeppala adalah adanya sistem pembelajaran yang berdiferensiasi dan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kelemahan yang dirasakan hanya terletak pada penyempitan cakupan materi. Implementasi kurikulum merdeka di sekolah tersebut sudah berjalan dengan baik terutama pada kegiatan belajar mengajar dan proyek, meskipun masih ada beberapa hal yang perlu dioptimalkan.References
Afifah, S. N. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo. Surabaya?: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., & Dkk. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia?: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Bontong, A. T., Faizin, M., & Kusumaningrum, S. (2021). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran SD Inpres 135 Hasik Jaya Kabupaten Sorsel. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 120–127. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1194
Dikdas, Dikmen, & Direktorat PAUD. (2021). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka (p. 10). Jakarta: Sekretariat Jenderal Kemendikbudristek.
Edi, F. R. S. (2016). Teori Wawancara Psikodiagnostik (Cetakan Pe). Yogayakarta: PT Leutika Nouvalitera.
Farhana, I. (2022). Merdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka?: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Cibeber: Penerbit Lindan Bestari.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kulaitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: CV. Jejak.
Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik (Edisi 1). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Hermuttaqien, B. P. F. (2015). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Dasar di Kota Bandung. Jurnal Inovasi Kurikulum, 12(2), 183–188.
Hermuttaqien, B. P. F., Sata, H. R., & Wadu, L. B. (2019). Perbandingan Pembelajaran PPKn pada Implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 39–44. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.2976
Kemendikbudristek. (2023). Kenali Kurikulum Merdeka, Tingkatkan Kualitas Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan-kurikulum
Kemendikbudristek, P. (2022). Kurikulum Merdeka Dengan Berbagai Keunggulan. https://pskp.kemdikbud.go.id/berita/detail/313037/kurikulum-merdeka-dengan-berbagai-keunggulan
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., & Dkk. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516
Lie, A. (2022). Inovasi Kurikulum Merdeka. Kompas, 14 Februari 2022 18:29 WIB.
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis; A Methods Sourcebook (Edition 3). SAGE Publications.
Muharram, Sukarman, Syahrul, & Dkk. (2020). Panduan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (A. Ihsan & H. H (eds.)). Makassar: Badan Penerbit UNM.
Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Dkk. (2022). Buku Saku?: Edisi Serba-serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar (K. R. Mulia (ed.)). Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.
Parwoto, Anas , M., Pristiwaluyo, T., & Dkk. (2023). Pedoman Penulisan SKRIPSI Fakultas Ilmu Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Puspendik Kemdikbud. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kemdikbudristek, X–76.
Sanjaya, W. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran?: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Cetakan ke). Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sari, R. M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 38–50. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif (F. Maharani (ed.); Elektronik). Yogyakarta: PT Kanisius.
Sulistyo, I. R. (2021). Selamat Datang Kurikulum 2022 Paradigma Baru, Simak Penjelasannya! - Berita Solo Raya. BeritaSoloRaya.Com. https://prsoloraya.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1113200407/selamat-datang-kurikulum-2022-paradigma-baru-simak-penjelasannya
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., & Dkk. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://media.neliti.com/media/publications/444639-none-ee780f83.pdf
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
Syaripudin, Witarsa, R., & Masrul. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. 4(1), 178–184.
Wardani, B. G. P. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dalam Perspektif Teori Konstruktivisme di Universitas Muhammadiyah Malang. Tesis, ii+106 hlm.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 St. Marhamah Indal Jinanah, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien, Muhammad Irfan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.