MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SBdP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DIKELAS IV SDN 4 BALAESANG TANJUNG

Authors

  • Andi Imrah Dewi Universitas Tadulako
  • Cita Fitriani Universitas Tadulako
  • Zulnuraini Zulnuraini Universitas Tadulako
  • Nurul Fitriah Aras Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.21849

Keywords:

Model Project Based Learning (PjBL). Kreativita. Pembelajaran SBdP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP dengan menggunakan model Project Based Learning (PJBL) dikelas IV SDN 4 Balaesang Tanjung. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta rubrik penilaian kreativitas siswa. Jenis penilitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan data observasi dan hasil kinerja siswa peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan model project based learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas IV dengan materi teknik membuat kolase di SDN 4 Balaesang Tanjung. Terbukti dengan hasil perolehan nilai akhir siswa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yaitu pada siklus I yaitu 69 dan untuk siklus II yaitu 83,13. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 53,33% dan siklus II 100%.

References

Aini, F. (2022). Meningkatkan Kreativitas Pembuatan Kolase Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian West Science, 1(01), 65-70

Lindawati, L. dkk (2013). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa MAN I Kebumen. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 42-45

Masganti, dkk (2017). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Sari, R. T, & Angreni, S. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa.” Jurnal VARIDIKA30 (1): 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548.

Sitepu, A. S. M. B. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa. Medan: Guepedia.

Setyaningrum, F., & Hutami, H. A. (2021). Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran Sbdp Kelas Iv Pada Materi Melukis Di SD Muhammadiyah Condongc. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(1), 515-527.

Wati, R., & Wahyu, I. 2020. Analisis Materi Pokok Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Kelas Iv Mi/Sd. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran Volume 7 No. 3

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Imrah Dewi, A., Fitriani, C. ., Zulnuraini, Z., & Aras, N. F. . (2024). MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SBdP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DIKELAS IV SDN 4 BALAESANG TANJUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 3121–3126. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.21849

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.