MODEL PEMBELAJARAN DI ERA DISRUPSI BERBASIS MANAJEMEN DAKWAH

Authors

  • Deni Hamdani Sekolah Tinggi Agama Islam Ar Ridho Bagansiapiapi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21690

Keywords:

Manajemen; dakwah digital; Era Disrupsi

Abstract

Nilai-nilai keislaman perlu dipupuk dan dikembangkan sejak dini dalam mengatasi semakin banyaknya kasus degradasi moral. Instansi pendidikan mempunyai peranan yang besar dalam membina karakter peserta didik, salah satunya adalah Sekolah Menengah Kreatif IHAQI Boarding School Bandung, sekolah ini merupakan salah satu sekolah berbasis pesantren yang hadir di era disrupsi. Sekolah ini menerapkan dakwah digital dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SMP Kreatif IHAQI Boarding School Bandung. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pesantren ini mempunyai manajemen pembelajaran yang unik, yaitu menerapkan dakwah digital dalam proses pembelajaran. Pada tahap perencanaan, dakwah digital ini sudah direncanakan secara matang, terlihat dari kesiapan pendidik dan peserta didik dalam menerapkan program digital pada saat proses pembelajaran. Pada tahap implementasi, dakwah digital ini terlaksana dengan efektif, terlihat dengan adanya aplikasi e-learning terkait proses pembelajaran, aplikasi mobile islami yang bisa diakses langsung dari ponsel dan terkait kajian Islam. serta animasi dakwah bergambar yang telah dibuat dan dirancang oleh mahasiswa dalam rangka menyebarkan dakwah Islam. Sedangkan pada tahap evaluasi, dakwah digital ini memberikan dampak positif guna menumbuhkan kesadaran kepada seluruh santri akan pentingnya dakwah Islam dan pembinaan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, dan perlu ditingkatkan lebih kreatif lagi agar selalu update bervariasi dan semakin menarik.

References

, P. 1 U. R. N. 20 T. (2003). Udang Udang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. UU Sisdiknas, 1–21. www.hukumonline.com

AF, M. A., Nurfadilah, K., & Hilman, C. (2022). Pendidikan Luar Sekolah dalam Kerangka Pendidikan Sepanjang Hayat. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 90–95. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.216

Alam, L. (2015). Perspektif Pendidikan Islam Mengenai Fitrah Manusia. Tarbawi, 1, 41–52. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2002

Alejos, H. (2017). No Title???????? ??????????.. ????? ????? ??? ???? «??????? ??. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7. http://www.albayan.ae

Ali, M. (2014). Membedah tujuan pendidikan muhammadiyah. 43–56.

Amir Husin, Asmarika, Mardhiah, Syukri, W. (2023). Pendampingan Bimbingan Sholat Kepada Anak-Anak TPQ Mukhlisin di RT 01 RW 22 Kelurahan sidomulyo Barat Kec . Tuah. 7, 207–212.

Araniri, N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Keberagamaan Yang Toleran. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 54–65. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.122

Ashidiqie, M. L. I. I. (2020). Peran Keluarga Dalam Mencegah Coronavirus Disease 2019. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(8), 911–922. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.15411

Balita, S., & Prasekolah, A. (2019). Pengaruh Fungsi Manajemen Pelaksana Kegiatan SDITK Terhadap Cakupan. 12(1).

Budiman, M., & Islam, M. P. (2019). Pergeseran Pendidikan di Era Disrupsi ( Study Kasus Tentang Rumah Belajar ).

Bukittinggi, J. I. (n.d.). Metadata, citation and similar papers at core.ac.uk.

cahya saputra, Y. (2018). Metode Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Di Panti Asuhan Budi Utomo Muhammadiyah Kota Metro. Skripsi.

Dahlan, U. A. (n.d.). Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi.

Dahlia, Atsani, K. L. G. M. Z., & Nasri, U. (2022). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 99–104. https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/nahdlatain/article/view/72

Dakwah, D. J., & Volume, K. I. (2021). No Title. 7.

Darmawan, C., & Husna, M. (2018). Strategi Pengembangan Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah dengan Kerangka SWOT. Wardah, 19(1), 82–102.

Di, M., & Berdasarkan, S. M. P. (2015). Pengembangan model evaluasi proses pembelajaran matematika di smp berdasarkan kurikulum 2013 1). 19(1).

Fitriana, S. (2019). Transformasi Pendidikan Tinggi di Era Disrupsi (Dampak dan Konsekuensi Inovasi). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana …, 811–817. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/375

Habibi, M. (2018). Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Pada Era Milenial. Al-Hikmah, 12(1), 101–116. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i1.1085

Haibah, M., Basri, H., Eri Hadiana, M., & Tarsono, T. (2020). Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 23–32. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Lessons Learned During the Covid-19 Pandemic). Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 190–204. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1291

Ibrahim, M. (n.d.). Dayah, mesjid, meunasah sebagai lembaga pendidikan dan lembaga dakwah di aceh. 21–34.

Ilmiah, J., & Islam, E. (2021). Transformasi Manajemen Fasilitas Pendidikan Pada Era Disrupsi Teknologi. 7(02), 860–868.

Ilmiah, J., & Makna, K. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi Dea Farahdiba Mahasiswa Magister Sains Manajemen, Universitas Gadjah Mada. 8(1), 1–16.

Ismail, S. (2013). Tinjauan Filosofis Pengembangan Fitrah Manusia dalam Pendidikan Islam. At-Ta’dib, 8(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.510

Isnaini, M., Bidin, I., Susanto, B. W., & Hudi, I. (2023). Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT. 05(04), 11539–11546.

Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129

Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, R. syafitri. (n.d.). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam. 4(3), 1162–1168.

Karlina, S., Nelson, N., & Cikdin, C. (2019). Upaya Tokoh Agama dalam menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar di Desa Biaro Lama. http://e-theses.iaincurup.ac.id/2797/%0Ahttp://e-theses.iaincurup.ac.id/2797/1/UPAYA TOKOH AGAMA DALAM MENEGAKKAN AMAR ?MA’RUF NAHI MUNKAR DI DESA BIARO LAMA.pdf

Khikmah, N. (2020). Manajemen sarana dan prasarana untuk mengembangkan mutu pendidikan. 3, 123–130.

Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328, 2 No. 2(2), 34–40.

Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, R. S. (2022). STRATEGI GURU PAI DALAMMENGATASI PERILAKU BULLYING DI MI AL – BAROKAH PEKANBARU. 11, 204–226.

Mayarani, S., & Nurhikmahyant, D. (2014). Peran Komite dalam Pengadaan Sarana dan Prasarana Di SD Negeri Pucang IV Sidoarjo. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 163–176.

Mukminin, A., Iain, A.-A., Thahah, S., & Jambi, S. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. XIX XIX(02), 227–252.

Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.

Nabila, P., Aisy, R. R., Aeni, S. Q., & Suryandari, M. (2023). Penerapan Pendidikan Manajemen Dakwah Dalam Pembelajaran Digital Di Era Milenial Guna Membangun Kemampuan Komunikasi Interpersonal. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(01), 362–368.

Ni’mawati, N., Handayani, F., & Hasanah, A. (2020). Model Pengelolaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Pada Masa Pandemi. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 1(2), 145–156. https://doi.org/10.47281/fas.v1i2.26

Nisa’, K. (2017). Dakwah Masa Kini (Peran Tehnologi Dan Hilangnya Sebuah Keteladanan). Ummul Qura, IX(1, Maret), 113–126.

Nofiaturrahmah, F. dan F., Nazirman, N., Nimawati, N., Ruswandi, U., Erihadiana, M., Hamali, S., Bastomi, H., Nuur, K. N., Anwar, M. F., Nurrohim, A., Nursidik, I., Parmanti, P., & Purnamasari, S. E. (2017). Dakwah Bil Hikmah Sebagai Pola Pengembangan Sosial Keagamaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Dakwah, 36(2)(2), 81.

Nurliana, N. (2021). Formulasi Dakwah Pada Era New Normal Di Wilayah Tengah, Aceh. An Nadwah, 27(1), 14. https://doi.org/10.37064/nadwah.v27i1.9940

Palangkaraya, I. (2020). Dinamika Komunikasi Pendidikan pada Era Disrupsi. 19(2), 64–73.

Pendidikan, J., & Vol, I. (2017). HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6, No. 1 Januari – Juni 2017. 6(1), 59–75.

Perawironegoro, D. (2019). Manajemen Asrama di Pesantren. 3(2).

Pertumbuhan, D. A. N., Di, G., Fenomena, T., & Disrupsi, E. R. A. (2021). No Title. 1, 111–122.

Pimay, A., Savitri, F. M., Negeri, I., & Semarang, W. (2021). Dinamika dakwah Islam di era modern. 41(1), 43–55.

Presiden Republik Indonesia. (2020). Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). In Keputusan Presiden (pp. 1–8). https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/lt5e785d26406a8/keputusan-presiden-nomor-9-tahun-2020

Priyatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensipendidikan Islamdi Era 4.0. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 229–230.

Putriany, P. (2022). Kaidah Dakwah Islam. Al-Din?: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 55–68.

Rahma, A. (2018). Implementasi Program Pengurangan Risiko Bencana(PRB) Melalui Pendidikan Formal. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6537

Rahmad Hidayat, Bunyamin, & Elly Malihah. (2020). Pendidikan Resolusi Konflik Melalui Pembelajaran Multikultural Pada Pendidikan Formal. Buana Ilmu, 5(1), 24–35. https://doi.org/10.36805/bi.v5i1.1212

Rinawati, A. (2015). Transformasi Pendidikan untuk Menghadapi Globalisasi. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12783

Rusydi Sulaiman. (2019). Hakikat Pendidikan Pesantren: Studi atas Falsafah, Idealisme dan Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja Mendobarat Bangka. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(1), 1–29.

Salik, M. (2014). Mengembangkan Fitrah Anak melalui Pendidikan Islam (Studi Atas Pemikiran Hamka). El-Qudwah, 244199.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Soetari, E. (1907). Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Anak untuk Membina Akhlak Islami. 116–147.

Sosial, F. I., Politik, I., & Tadulako, U. (2018). Publication 2018 FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENGADAAN INFRASTRUKTUR Publication 2018. 2(1), 1–12.

Studi, P., Agama, P., & Kamil, W. I. (2019). MENDIDIK UMAT MELALUI AMAR MA ’ RUF NAHI MUNGKAR ( STUDI KASUS METODE DAKWAH FRONT PEMBELA ISLAM JEMBER ) TAHUN 2019 SKRIPSI diajuan kepada Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Jember Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Oleh?: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU K.

Studi, P., Agama, P., Pspai, I., Ilmu, F., & Islam, A. (2020). Konsep Pendidikan Islam pada Remaja. XI(1), 63–74.

Suki & Suki, 2007. (2007). online buying innovativeness: effects of perceived value, perceived risk and perceived enjoyment.

Supriani, Y., & Arifudin, O. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. 5, 153–161.

Suwardana, H., Industri, T., & Mental, R. (2018). Revolusi Industri 4 . 0 Berbasis Revolusi Mental. 1(2), 109–118.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300

Tinggi, S., Islam, A., & Ponorogo, N. (2013). Pengembangan Standarisasi Pondok Pesantren Umar Sidiq A . Pendahuluan Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang sudah ber- diri sejak ratusan tahun yang lalu . Di lembaga inilah diajarkan ilmu dan nilai-nilai agama pada santri . Pada tahap awal pendi. 7(April).

Utara, P., & Padang, K. (2019). ANALISIS MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN BERDASARKAN. 7(2), 530–538. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.3833

Wismanto. (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. 12(1).

Wismanto, Hitami, M., & Abu Anwar. (2021). Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikulum di UIN. In Jurnal Randai (Vol. 2, Issue 1, pp. 85–94).

Yaqin, N., Pondok, Y., Darul, P., & Gresik, Q. (2016). Manajemen lembaga pendidikan islam. 3, 93–105.

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Hamdani, D. . (2023). MODEL PEMBELAJARAN DI ERA DISRUPSI BERBASIS MANAJEMEN DAKWAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2223–2230. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21690