PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG KONSTEKTUAL UNTUK SITUASI DARURAT KESEHATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21579Keywords:
Pembelajaran Bahasa Inggris, Kontekstual, Darurat Kesehatan, Studi Literatur, Validasi.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi pembelajaran bahasa Inggris yang kontekstual untuk situasi darurat kesehatan. Metode studi literatur digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan komunikasi spesifik selama krisis kesehatan, menganalisis literatur terkait, dan merancang materi pembelajaran berbasis temuan literatur. Materi yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli bahasa Inggris, ahli kesehatan, dan ahli pendidikan. Uji coba dilakukan dengan kelompok target untuk mengevaluasi efektivitas materi. Hasilnya menunjukkan bahwa materi pembelajaran ini berhasil meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dalam konteks darurat kesehatan.References
Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek?: Jurnal Pendidikan Sains Dan Tekhnologi, 10(1), 311–328. Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V10i1.723
Fatmawan, A. R., Dewi, N. P. A., & Hita, I. P. A. D. (2023). Skimming And Scanning Technique: Is It Effective For Improving Indonesian Students’reading Comprehension? Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1181–1198.
Hanik, N. R., & Harsono, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Komparasi Yang Diintegrasikan Dengan Pendekatan Kolaboratif Ditinjau Dari Kemampuan Analisis Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 114–122. Http://Journal.Univetbantara.Ac.Id/Index.Php/ Komdik%0ap-Issn
Hariawan, U., & Kafrawi, F. (2022). Manfaat Kepercayaan Diri Terhadap Keberhasilan Control Dalam Pertandingan Futsal. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(1), 234.
Harijanto, B., P, D. K., & Nova, B. P. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Proses Belajar Mengajar Online Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Student Centered Learning (Scl). Jurnal Informatika Polinema, 4(1), 17. Https://Doi.Org/10.33795/Jip.V4i1.139
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Hita, I. P. A. D., Astra, I. K. B., & Lestari, N. M. S. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjp/Article/View/14784
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal On Education, 6(1), 732–741. Https://Doi.Org/10.31004/Joe. V6i1.2988
Napsawati, N. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Fisika Dengan Metode Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Karst?: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 96–102. Https://Doi.Org/10.46918/Karst.V3i1.546
Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi Yang Efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).
Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal On Education, 5(4), 12648–12658. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i4.2253
Riwayatiningsih, R., Wicaksono, A., Khoiriyah, K., Sulistyani, S., & Puji, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Guru Bahasa Inggris Di Kediri Melalui Pelatihan Public Speaking. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 112–118.
Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik? Journal On Education, 6(1), 6261–6269.
Solicha, M. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kompetensi Dasar Menangkap Makna Pada Lirik Lagu Menggunakan Model Quantum Learning Dengan Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Paguyangan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 15(3), 130–146.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13–24. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V5i1.1062
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fini Widya Fransisk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.