KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Budi Budi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Suci Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ayu Azhari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anggun Sari Fadilla Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21526

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Motivasi, Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuhi bagaimana Komunikasi Interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Di Smpn 2 Binjai rumusan masalah yaitu, bagaimana komunikasi interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa, faktor pendukung dan penghambat Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Adapun jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, di mana teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan penyajian data, reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan: bahwa ada beberapa bentuk pesan Guru yang disampaikan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa ialah dengan komunikasi interpersonal yang bersifat persuasif yang mana seorang guru mengarahkan siswa kepada minat belajar yang tinggi yakni salah satu penerapan cara didik antara guru kepada siswanya. Pesan bersifat persuasif dalam komunikasi interpersonal akan memudahkan interaksi terhadap komunikan dalam proses pemahaman, baik komunikasi secara langsung ataupun tidak langsung, komunikasi verbal serta non-verbal. Komunikasi dilakukan guru bersifat konseling serta ramah ketika seorang guru melakukan komunikasi bersifat keras dan mengintrogasi guru cenderung tidak menemukan kesulitan yang dirasakan siswa sehingga dapat menyebabkan menyampaikan pesannya yang terkait dengan motivasi belajar siswa. Guru merasa kesulitan dalam berkomunikasi ketika tidak ada sinergi dalam diri siswa sehingga dapat menyebabkan komunikasi tidak berjalan secara efektif.

References

Atik Briyah, dkk 2023, Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Vol 7 No 1 Tahun 2023.

Azhar M Nur. (2011). Tugas Guru sebagai Pengambang Kurikulum. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(1), 59–67.

Cahyana, A. (2010). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Menghadapi Sertifikasi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(1), 85–91. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i1.434

Harapan, Edi dan Syarwani Ahmad. (2019). Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Jimung, M. (2019). Pengaruh guru sebagai role model terhadap motivasi penerapan PHBS siswa di SMP Freater Parepare. Jurnal Kesehatan Lentera ACITYA, 6(2), 40–45. http://www.lppmfatimaparepare.org/index.php/acitya/article/view/45

Kelompk, Y. (2021). starategei guru dalam meningkatkan mutu belajar siswa.

Khakiim, U. (2020). Guru Sebagai Role Model Individu Berkarakter Bagi Peserta Didik Untuk Mendukung Keberhasilan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. LinguA-LiterA, 3(2), 217–230. https://journal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/kid/article/view/104/61

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1), 243106.

Puspitasari, N. (2020). ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MASA PANDEMI COVID 19 PADA GURU SD NEGERI DUKUHWARU 01 Nimas Puspitasari , Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNDARIS A . PENDAHULUAN Pendidikan merupakan sesuatu yang terpenti. 11, 170–186.

Sennen, E. (2017). Problematika Kompetensi Dan Profesionalisme Guru. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Dosen PGSD Wilayah IV, 16–21.

Suranto Aw, Komunikasi Interpersonal, (2011), Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sri Indra Wahyuni, 2020. Analisis Disiplin Kerja Karyawan Pada PT. Kharisma Dayung Utara Pekanbar. Jurnal : Program Studi Administrasi Publik Fisipol Universtas Islam Riau, Valuta Vol. 6 No 1.

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

Budi, B., Ramadhani, S. ., Azhari, A. ., & Fadilla, A. S. . (2023). KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1987–1992. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21526

Most read articles by the same author(s)