PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TUHEMBERUA

Authors

  • Mei Putra Telaumbanua Universitas Nias
  • Novelina Andriani Zega Universitas Nias
  • Agnes Renostini Harefa Universitas Nias
  • Hardikupatu Gulo Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21325

Keywords:

Student Teams Achievement Division dan Hasil Belajar

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Tuhemberua terdapat beberapa permasalahan  seperti: hasil rata-rata nilai siswa masih tergolong. Tujuan penelitian ini adalah:  (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran siswa SMA Negeri 1 Tuhemberua dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Tuhemberua dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division.Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Tuhemberua. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII dengan jumlah 24 orang. Metode penelitiuan yang digunakan ada empat yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi (4) refleksi. Instrument yang digunakan yaitu: (1) lembaran observasi, (2) tes hasil belajar.Hasil penelitian: (1)  proses pembelajaran biologi  melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division  di SMA Negeri 1 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2023/2024 pada siklus I yaitu 61,02% dan pada siklus ke II yaitu 83,08%. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division di SMA Negeri 1 Tuhemberua Tahun Pelajaran  2023/2024 pada siklus I yaitu 67,91 dan pada siklus ke II yaitu 80,62.

References

Afi (2020). Buku penelitian tindakan kelas (classroom action research) cv Budi utama. Yogyakarta

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124.

Christanty, Z.J & Cendana, W. (2021). Upaya guru meningkatkan keterlibatan siswa kelas K1 dalam pembelajaran synchronous.COLLASE (Creatve Of Learning Student Elementary Education),4(3), 337-347

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa menggunakan model project based learning dengan pendekatan stem pada pembelajaran fisika materi elastisitas di kelas xi mipa 5 sma negeri 2 jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71-77.

ROFI’AH, S. I. T. I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams-Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 145-153.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Telaumbanua, M. P. ., Zega, N. A. ., Harefa, A. R. ., & Hardikupatu Gulo. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TUHEMBERUA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3062–3066. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21325

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2