MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) PADA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS PATOMPO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21151Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar Mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Universitas Patompo. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang yang bersifat deskriptif kuantitatif yang terdiri atas 15 orang Mahasiswa, 4 orang laki-laki dan 11 orang perempuan yang terdaftar pada semester III tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil observasi, pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar mahasiswa 67% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,7%. Dengan jumlah mahasiswa yang mencapai KKM pada siklus I berjumlah 9 orang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 13 orang. Dari sini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif tipe STAD pada dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan Matematika Universitas Patompo.References
Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Darwis. 2006. Pengubahan Perilaku Menyimpang Murid SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Haling, Abdul. 2004. Belajar Pembelajaran (Suatu Ringkasan). Hand Out. Makassar: Universitas Negeri Makassar FIP UNM Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.
Hazmiwati. (2018a). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar IPA. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1), 178–184.
Hazmiwati, H. (2018b). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359
Khalik, Abdul. Penelitian Tindakan Kelas. UPP PGSD Parepare FIP UNM.
Lintang, I., Saneba, B., & Palimbong, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) Dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas V SD Negeri Tontouan. 4(11), 138–154.
Mudjiono & Dimianti. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.p
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK itu mudah. Jakarta: Bumi aksara.
Rohmani, F. R & Gregorius, J. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Di Kelas Iv. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 03, Issue 02, pp. 1447–1458).
Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Sumartono. 2000. Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional
Utami, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 424. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7840
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hariani Harjuna, Elpisah Amir, Muh. Adnan H. , Maing Maing, Kaswin Kaswin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.