PENGARUH PEMANFAATAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21096Keywords:
E-Book, Media, Literasi DigitalAbstract
Dalam upaya meningkatkan literasi digital siswa, pemanfaatan e-book sebagai media pembelajaran menjadi suatu alternatif yang menarik. E-book menawarkan berbagai keunggulan, seperti aksesibilitas yang lebih luas, kemampuan interaktif, dan fleksibilitas dalam penyampaian materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk analisis pengaruh pemanfaatan e-book sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan literasi digital siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan studi pustakan atau Literature Review. Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya dalam literatur penelitian. Literatur yang digunakan adalah literatur dari hasil penelitian atau kajian yang disajikan dalam artikel ilmiah. Berdasarkan hasil literature review bahwa pemanfaatan e-book Sebagai Media Pembelajaran dapat meningkatkan literasi digital siswa.References
Sonia, S & Yuliani. (2023). Keefektifan Penggunaan E-Book Interaktif Enzim sebagai Bahan Ajar untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital. Vo. 4. No. 2. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p113-124
Sonia, S & Yuliani. (2023). Validitas dan Keterbacaan E-Book Interaktif Enzim untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII. Vol. 12. No. 3. https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n3.p585-594
Mahmud, D. R., Mahmudi, M., Sri Wahyuni, Herawati Susilo, & Ratna Ekawati. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Digital Book "Hai Si IPA" Untuk Meningkatkan Literasi Sains di Kelas V Sekolah Dasar: Needs Analysis Development Of "Hai Si IPA" Digital Book To Improve Science Literacy In Class V Elementary School. Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 47–57. https://doi.org/10.58169/saintek.v1i2.76
Narulita, S., Prihati, P., Priyambodo, A., Atmini, N. D., & Heses, M. A. (2022). Sosialisasi dan Pelatihan Pengembangan e-Book Berekstensi e-Pub sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Shalom Semarang. Madaniya, 3(3), 395-404. https://doi.org/10.53696/27214834.219
Sri Wulandari, Puji Purdiyah, Mardaya, & Jhelang Annovasho. (2022). Studi Literatur : Penerapan E-Book Dalam Pembelajaran Fisika. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 5(02), 7-17. https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v5i02.6500
Shiddiqy, M. A. A. ., Alficandra, A., Syarfan, . L. O. ., & Irvan, M. . (2023). Sosialisasi Pentingnya Literasi Digital Di Era Globalisasi Sebagai Upaya Pendukung Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri 010 Desa Batu Sasak. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.259
Pratama, P. ., Malalina, M., Firma Yenni, R. ., Pitriani, P., Dwi Mulyani, D. ., Trilestari, K. ., Apriani, D. ., Wulandari, M. ., & Tarmihim, T. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan E-Book Sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Peserta Didik Tunarungu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 676-681. Retrieved from http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/424
Syiamsyah & Yuliani (2022). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Respirasi Seluler untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII.Vol. 11. No. 22. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p492-501
Tambak, A. B. S., & Lubis, Y. (2022). PotensiPendidikan dan Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Desa Ulumahuam. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(3),20–30.
Teknowijoyo, F. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184.
Syahputra, E. (2018). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN,1(2), 1276–1283. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rusdiana, N. P. M., Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 54–63.
Lim, B. C. Y., Liu, L. W. L., Choo, C. H. (2020). Investigating the Effects of Interactive E-Book towards Academic Achievement. Asian Journal of University Education, 16(3), 78–88
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Susi Puspita Sari, Herianto Hasibuan, Elda Martha Suri, Afriwes Afriwes, Klemens Mere

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




