PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (STUDI PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA BIDANG EKONOMI DI KABUPATEN PURWAKARTA)

Authors

  • Ibnu Saepul Rohman STIE Dr Khez Muttaqien
  • Ismail Ludin Universitas Widyatama
  • Saepul Mukti STIE Dr Khez Muttaqien
  • Dedeng Abdul Gani A STIE Dr Khez Muttaqien
  • Amna Mawardi STIE Dr Khez Muttaqien

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20974

Keywords:

Kompetensi Dosen, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar. Dalam penelitian ini menggunakan variabel Kompetensi Dosen dan Fasilitas Pembelajaran sebagai variabel terikat. Pengumpulan data primer menggunakan teknik non-probability sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial Kompetensi Dosen dan Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar. Dan seluruh variabel terikat berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar dengan F hitung sebesar 58,156 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Dan nilai Rsquare menunjukkan hasil sebesar 0,553 yang berarti seluruh variabel dependen mempunyai pengaruh secara simultan sebesar 55,3%.

References

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Alam, Yuli. (2018). Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya Terhadap Prestasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang). Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya. Vol 16 No 1. 24 – 30.

Amruloh, Dedeng Abdul Gani. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Pelayanan dan Kompetensi Dosen Terhadap Komitmen Organisasi dan Organizational Citizenship Behaviors (OCB) Serta Dampaknya Pada Kinerja Dosen. Jurnal Universitas Pasundan.

Andriani, Jeni & Purnomo, Sigit. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama Bogor. Jurnal Ilmiah Feasible Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi. Vol.1 No.2. Banten. 160 – 169.

Boyatzis, Richard E. (2008). Competencies in The 21st Century. Journal of Management Development. Vol. 27 No.1. 5 – 12

Budiada, I.W. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol 2 No 1. 8 – 24

Dessler, G. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Duwit, Malchatur. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Jamur Siswa Kelas X SMA YPK Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. Vol 4 No 2. 50 – 56.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

https://pddikti.kemdikbud.go.id/ (Diakses pada 08 Mei 2023)

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (kemkes.go.id) (Diakses pada 08 Mei 2023)

Indrayana, Boy & Sadikin, Ali. (2020). Penerapan E – Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran Covid – 19. Indonesion Journal of Sport Science and Coaching. Vol.2 No.1. Jambi. 46 – 55.

Manik, S & Syafrina, N. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Syariah Mandiri Al – Masraf. Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan. Vol 3 No 2. 181-191.

Mardah, Siti & Santi, Apriya. (2022). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al – Banjari Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Vol. 8 No.1. 1 – 12.

Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Mudyaharjo, Redja. (2001). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar -Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Muhroji, dkk. (2004). Manajemen Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi

Murtadlo, M. (2020). Pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di lingkungan pesantren. https://doi.org/10.5281/zenodo.4321179.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Nurzakiyah, N., Nurpahmi, S., & Damayanti, E. (2020). Hambatan guru fisika dalam menerapkan pembelajaran saintifik berbasis kurikulum 2013 di SMA. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 7(1), 1-8.

Oktafiyani, Tahsya Noer, Windarti, Anissa & Masruroh. (2022). The Effect of Lecturers Competencey on Students Academic Achievment (Case Study of Active Students in The Social Sciences Education Department, FTK). Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Vol 07 No 2. 57 – 63.

Otchere, Samuel Nyamekye, Afari, James Badu & Kudawe, Christiana. (2019). Examining the Relationship Between School Facilities and The Learning Environment: A Case Study of Oda Senior High School. Journal of Education and Practice. Vol 10 No 26. 21 – 39.

Purnomo, Anzani Putri & Andriani, Lili. (2019). Pengaruh Kopetensi Kepribadian Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Scientific Journals of Economic Education. Vol 3 No 1. 11 – 21.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C., Wijayanti, L., Putri, R., & Santoso, P. B. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, Vol 2 No 1, 1-12.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rumengan, Kevin. Wuisang, Jerry & Ranti, Devyano. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMKS POOPO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 3 No 2. 128 – 137.

Rusardi, Muhammad Nurhuda, Rahayudi, Bayu & Adikara, Putra Pandu. (2022). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Isu New Normal Scenario Berdasarkan Opini Dari Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol.6 No.3. Malang. 1434 – 1440.

Riyanto, Agus. (2009). Buku Pengelohan dan Analisis SPSS. Muha Medika: Yogyakarta.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sopiatin, Popi. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustakabarupress

Supomo & Nurhayati, Eti. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Yrama Widya

Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sutermeister, A. Robert. (1976). People abd Productivity. New York: McGraw – Hill Inc

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers

Terry, George R. (2012). Prinsip – Prinsip Manajemen, Penerjemah J – Smith D.F.M. Jakarta: PT Bumi Aksara

Umar, Husein. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Undang-undang nomor Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Yonitasari, Dewi & Setiyani, Rediana. (2014). Pengaruh Cara Belajar, Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal. Vol 3 No 2. 191 – 4

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Rohman, I. S. ., Ludin, I. ., Mukti, S. ., A, D. A. G. ., & Mawardi, A. . (2023). PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (STUDI PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA BIDANG EKONOMI DI KABUPATEN PURWAKARTA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1424–1434. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20974

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.