PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 HILIDUHO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20874Keywords:
Model Pembelajaran Snowball Throwing, Kemampuan Komunikasi Matematis.Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang penting dikuasai oleh siswa di sekolah. Namun kenyataannya siswa SMP Negeri 2 Hiliduho masih mengalami hambatan dalam komunikasi matematis karena proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 2 Hiliduho. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu dengan paradigma kuantitatif. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Snowball Throwing. Langkah pertama yaitu menyampaikan materi yang akan disajikan, langkah kedua yaitu menjelaskan materi, langkah ketiga yaitu siswa berdiskusi tentang materi yang sudah dijelaskan. Selanjutnya, hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis, yaitu thitung = 5,80 dan ttabel = 1,67 Karena thitung = 5,80 > ttabel = 1,67, maka tolak Ho dan terima H1, yang berarti: “Ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembalajaran Snowball Throwing memiliki pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.References
Arina Jia dan Nuraeni Reni. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMK di Ponpes Nurul Huda.
Budianti Ayu dan Jubaedah Siti Dewi. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMPN 10 CIMAHI Pada Materi Lingkaran.
Djamaluddin Ahdar dan Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: CV.KAAFFAH LEARNING CENTER.
Hakiki Nur Sufi dan Sundayana Rostina. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Kemampuan Belajar Siswa. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv2n1_09
Huda Miftahul. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Celeban Timur.
Lestari Eka Karunia dan Yudhanegara Ridwan Mokhammad. (2017). Penelitian Pendidikan Metematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Magdalena Maria. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Convensional dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila di Program Studi Matematika Akademi Martim Indonesia-Medan.
Maulyda Archi Mohammad. (2020). Paradigma Pembelajaran Metematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH.
Peranginangin Alim, Barus Hotrisman, & Gido Rafeli. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi dengan Model Pembelajaran Konvesional. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/452
Rahmawati Dan Nanda Farah. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis.
Sahir, S.H. (2021). Metodologi Penelitian. Jogjakarta. Penerbit Kmb Indonesia.
Sardiyanah. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Https://Journal.Iaimsinjai.Ac.Id/Index.Php/Al-Qalam/Article/View/263
Siregar Ramadhani Evi Dan Mardiati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Matriks Kelas Xi Smk Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Https://Ejournal.Stkipbudidaya.Ac.Id/Index.Php/Jf/Article/View/263
Siregar Rosmaida, Ardiana Nunik, & Lubis Rosyidi Januardi. (2019). Efektivitas Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Macromedia Flash 8 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas X Man Padang Lawas Utara.
Https://Journal.Ipts.Ac.Id/Index.Php/Mathedu/Article/View/988
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suliswa, Rosmaiyadi, Buyung. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Https://Journal.Stkipsingkawang.Ac.Id/Index.Php/Jpmi/Article/View/208
Wandini Rizki Rora. (2019). Pembelajaran Matemtaika Untuk Calon Guru Mi/Sd. Medan: Cv. Widya Puspita.
Zega, Yulisman. (2020). Hubungan Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Didaktik Ikip Gunungsitoli, 14(1). 2410-2416.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Monika Zebua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.