PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 PEMATANG SIANTAR PADA MATERI ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20350Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Materi AljabarAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matemtika Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Pematangg Siantar Pada Materi Aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pematang Siantar yakni 300 siswa, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian dengan menggunakan angket dan tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 5 butir soal dalam bentuk uraian dan angket dengan berisikan 11 pernyataan. Teknik analisis data yang diigunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji linieritas, dan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi (rx,y) sebesar 0,669, hasil ini > rtabel pada taraf signifikan 5 % dengan rtabel = 0,349. Setelah dilakukan uji t, diperoleh thitung sebesar 4,929 dan ttabel pada taraf signiffikan 5 % sebesar 1,697 sehingga thitung > ttabel (4,929 > 1,697). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal Of Intellectual Publication, 1(3), 189-197.
Ahyar, D. B., Prihastari, E. B., Setyaningsih, R., Rispatiningsih, D. M., Zanthy, L. S., Fauzi, M., ... & Kurniasari, E. (2021). Model-Model Pembelajaran. Pradina Pustaka.
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar [A Meta-Analysis Of Problem-Based Learning Models In Increasing Critical Thinking Skills In Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.
Arikunto. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Ed.2. Jakarta: Bumi Aksara.
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Karya Pendidikan Matematika. 5(1), 23-32.
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui, K. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 12(1).
Khalishah, N., & Iklilah, N. (2021, December). Taksonomi Bloom (Revisi): Tujuan Pendidikan Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Santika: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 1, Pp. 248-266).
Marwah, H. S., Suchyadi, Y., & Mahajani, T. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia Dan Benda Di Lingkungannya. Journal Of Social Studies, Arts And Humanities (Jssah). 1(01), 42-45.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019, October). Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. (Vol. 1, Pp. 924-932).
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14-23.
Mooduto, Y. S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Beajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Pokok Cahaya Di Kelas V Sdn 06 Popayato Timur Kabupaten Pohuwato.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016-2024.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Smk Negeri 1 Tonjong. Math Locus: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6.
Parnabhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11-14.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 7911-7915.
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114-121.
Sidauruk, A., Silalahi, D. E., And Herman, H. (2020). The Effect Of Problem Based Learning (Pbl) On Writing Recount Text At Grade Ten Of Smk Negeri 2 Pematangsiantar. Journal Of English Teaching As A Foreign Language 6 (1), 29-43
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suratman, A., Afyaman, D., & Rakhmasari, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Tik Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Analisa, 5(1), 41-50.
Wijayanto, P. W., Priyatiningsih, N., Herman, H., Sudadi, S., And Saputra, N. (2023). Implementation Of Problem Based Learning Model To Improve Early Childhood Abilities In Creative Thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1017-1023. Doi: 10.31004/Obsesi.V7i1.3909
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584-3593.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andhika Sebastian Pratama Sianipar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.