STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK IT DARUL QUR’AN BATUBARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20348Keywords:
Kecerdasan Sosial, Anak Usia DiniAbstract
Kecerdasan sosial sangat dibutuhkan oleh setiap manusia, kecerdasan ini perlu dilatih sejak usia dini. Setiap anak adalah makhluk sosial yang akan membutuhkan manusia lain. Untuk mengembangkan kecerdasan sosial pada anak usia dini dibutuhkan pendekatan dan strategi yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan kendala apa saja yang ditemukan dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak di TK IT Darul Qur’an Batubara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partispatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan tahapan kondensasi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak di TK IT Darul Qur’an yaitu dengan keteladanan dan pembiasaan dalam menanamkan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan, disiplin dalam bermain dan belajar, kerjasama antar anak didik, saling menghargai dan kegiatan spontan pada setiap kegiatan dalam pembelajaran. Mengembangkan kecerdasan sosial pada anak juga dilakukan dengan pemberian motivasi berkelanjutan dalam aktivitas yang menyenangkan. Pemberian motivasi tidak hanya pada ranah kata-kata atau frasa motivasi, namun lebih menekankan pada perilaku nyata yang dilaksanakan sehari-hari. Kendala yang ditemukan dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak adalah kurangnya kemampuan bersosialisasi dan bekerjasama, serta menurunnya aspek kemurahan hati dan empati pada anak didik.References
Ahsanulkhaq. 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2.1.
Fadlillah. M. 2016. Desain Pembelajaran PAUD, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Julianti, Aulia Putri. 2018. Identifikasi Profil Anak Yang Mengalami Kesulitan Dalam Menyesuaikan Diri Dan Penanganannya, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Junanto, Sabar. Latifah Permatasari Fajrin. 2020. Internalisasi Pendidikan Multikultural Pada Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNDIKSHA. Vol. 8. No. 1.
Kholifah, Wahyu Titis. 2020. Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak’, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2.
Mulyasa. E. 2014. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurjannah. 2017. Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan, HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14.1.
Rahmi. Putri. 2020. Mengembangkan Kecerdasan Sosial Dan Emosinal Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, VI.
Ridwan. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Media Film Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16. 2.
Risnawati, Wildan Nuril Ahmad Fauzi Atin. Zaenuri. 2020. Pengembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan, WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3.
Setyaningrum, Yayuk. Rahmat Rais, and Eka Sari Setianingsih. 2020. Peran Guru Kelas Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Siswa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3.September.
Suryana. Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak). Jakarta: Kencana.
Tirtayani. Luh Ayu. 2014. Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ulfah. Maulidya. Suyadi. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zuraidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.