PENGARUH ETIKA KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN UMUM PADA PTPN IV REGIONAL I MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50880Keywords:
Etika Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja KaryawanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Etika Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Bagian Umum pada PT. Perkebunan Nusantara IV Regional I Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bagian Umum yang berjumlah 60 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel dengan teknik total sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji asumsi klasik, dan uji hipotesis (uji t, uji F, dan koefisien determinasi). Hasil penelitian yang diperoleh melalui pengolahan data menggunakan program SPSS menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,510. Artinya, sebesar 51% variabel kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabel etika kerja dan lingkungan kerja, sedangkan sisanya sebesar 49% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Hasil uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 29,708 > Ftabel 3,16, sehingga etika kerja dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa etika kerja memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan thitung 6,098 > t-tabel 2,002, artinya etika kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Lingkungan kerja juga memiliki nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dengan thitung 3,649 > t-tabel 2,002, yang berarti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara IV Regional I Medan.References
Apriliani, D. (2024). Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra , 7(1), 15-21.
Batubara, H.A., Ghazali, A., & Bangun, O. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligency (AI) dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Kolaboratif Sains, 8(7), 3953-3957.
Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan
Spotlight, 27(5), 47–50.
Hamida, E., Andika, C., Aroma, N., Hadevi, M., & Rifa’i, R. (2025). AI sebagai Asisten Pembelajaran: Bagaimana Teknologi Membantu Personalisasi Pendidikan untuk Setiap Siswa. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 6580–6585.
Hayuningsih, R.T., Khasanah, M.A., & Majid, F. (2025). Inovasi Pendidikan untuk Menghadapi Era Society 5.0 dalam Mempersiapkan Generasi Masa Depan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 153-158.
Judijanto, L., Nisa, R., Fatulloh, M.A., & Amin, A. (2024). Pengaruh Kecerdasan Buatan terhadap Pengembangan Kognitif dalam Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal (JIPKL), 4(5), 358-368.
Rahmawati, A., Amirah, S.N., & Wijaya, N. (2025). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan Tinggi Indonesia: Peluang, Tantangan, dan Kerangka Implementasi. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 6(1), 114-126.
Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 01-12.
Rizal, M.A.S. (2024). Eksplorasi Penggunaan AI Generatif untuk Menciptakan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menarik dan Efektif. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(3), 7080-7095.
UNESCO. (2018). UNESCO ICT Competency Framework for Teachers: Version 3.
UNESCO. (2022). K-12 AI Curricula: a Mapping of Government-Endorsed AI Curricula (Technical Report ED-2022/FLI-ICT/K-12).
Yulisetiani, S., Winarni, R., Slamet, St. Y., IS, J., Poerwanti., & S, M.I. (2022). Merancang Bahan Ajar Digital Berwawasan Budaya Nusantara untuk
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juan Charmel Askelon Siregar, Lokot Muda Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




