PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) DENGAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19677Keywords:
Model Pembelajaran, VAK, Pop up book, Membaca PermulaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual, Auditory, and Kinesthetic (VAK) dengan bantuan media Pop up book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa di kelas I SDN 32 Singkawang. Penelitian ini dilakukan di SDN 32 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperiment. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas I berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel berupa teknik sampel jenuh. Untuk menjawab hipotesis, tenik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Visual, Auditory, and Kinesthetic (VAK) dengan bantuan media pop up book dan siswa yang diterapkan model konvensional hal ini dibuktikan pada uji t diperoleh nilai 2,441 > 2,024 dimana thitung > ttabel; (2) model pembelajaran Visual, Auditory, and Kinesthetic (VAK) dengan bantuan media pop up book berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sebesar 0,74 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Visual, Auditory, and Kinesthetic (VAK) dengan bantuan media pop up book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa di kelas I SDN 32 Singkawang.References
Apriliana, A. C. (2016). Picture Word Inductive Model (PWIM) dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar. . Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1–12. https://doi.org/https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1264
Azkia, N., & Rohman, N. (2020). Analisis Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah SD/MI. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–14. https://doi.org/https://www.academia.edu/download/86967298/pdf_1.pdf
Basri, H. (2013). Landasan Pendidikan. CV. Pustaka Setia.
Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Rajawali Pers.
Dini, P. A. U., Wolker, J. K., & Yabansai, J. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Huruf dan Kata Dengan Menggunakan Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestetik. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan , 1(1), 1–12. https://doi.org/http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JIIP/article/download/18007/12833
Djaya, A. R. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Metode VAK (Visualization Audiotory Kinestetic) Bagi Anak Low Vision Kelas III di SLB-A Yapti Makassar. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 11–19. https://doi.org/http://eprints.unm.ac.id/22357/
Fathonah, S. (2017). Peningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model VAK Pada Siswa Kelas VII B Smp Negeri 2 Adimulyo Tahun Pelajaran 2016/2017 . Doctoral Dissertation, Pbsi-Fkip, 2(1), 1–8. https://doi.org/http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1374
Halimah, A. (2014). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di SD/MI. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 190–200. https://doi.org/https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/550
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Di Kelas I SDN 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149–157.
https://doi.org/https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/3705
Lazuardi, D. R., & Murti, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK (Visual, Audiovisual, Kinestetik). Jurnal Kibasp (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 2(1), 87–95. https://doi.org/https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/408
Mayangsari, D. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Sd Mardi Putera Surabaya Dengan Menggunakan Pakem (Pembelajaran Yang Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 1(1), 61–68. https://doi.org/http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/35
Nafisa, K., Al Fuad, Z., & Marlini, C. (2020). Pengembangan Media Pop Up Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–9. https://doi.org/https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/71
Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press.
Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1332
Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2(1), 301–306.
https://doi.org/http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1580
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127–137. https://doi.org/http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2650
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal: Journal Educational Research And Development, 4(2), 85–96.
https://doi.org/http://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/343
Rukmana, W., Hardjono, N., & Aryana, A. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran VAK Berbantu Media Tongkat Tokoh. Journal Of Education Action Research, 2(3), 189–195.
https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/16255
Sabillah, B. M., Satriawati, S., & Panggalo, S. L. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Teknik Permainan Melengkapi Cerita Pada Tema Kebersamaan Terhadap Siswa Kelas II SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Celebes Education Review, 1(1), 70–81. https://doi.org/https://scholar.archive.org/work/y3tk64ohknakjgsprdkfy4o2ly/access/wayback/http://journal.lldikti9.id/CER/article/download/547/365
Setianingrum, M. (2017). Penggunaan Variasi Media Ajar Terhadap 3 Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang. Japanedu: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://www.academia.edu/download/83008939/pdf_setianingrum.pdf
Shinta, N. M. , Z. S. S. , & P. E. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Terhadap Kemampuan Pemecahanmasalah Matematika. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 3(2), 1–11. https://doi.org/https://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/matematika/article/view/64
Siregar, A., & Rahmah, E. (2016). Model Pop up book Keluarga Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 5(1), 10–21. https://doi.org/https://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/6288
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sukirman Nurdjan, S. S., Firman, S. P., & Mirnawati, S. P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara Timur.
Sylvia, N. I., & Hariani, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya, 3(2), 1197–1205. https://doi.org/https://media.neliti.com/media/publications/253970-none-9fae69fb.doc
Utami, N. A., & Wangid, M. N. (2019). Investigasi Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SD Di Kecamatan Sekarbela. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 157–165.
https://doi.org/https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/7340
Widiartha, K. D. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 145–151.
https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/15396
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Surfiyana Dewi Maryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.