PENGARUH PENGGUNAAN METODE QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI PADA SISWA - SISWI KELAS X SMA SWASTA HOSANA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19285Keywords:
Metode Quantum Writing, Teks Puisi, Kemampuan MenulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Swasta Hosana Medan TP 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian two grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan jumlah 40 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-IIS sebanyak 20 siswa dan X-MIA sebanyak 20 siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest penggunaan Metode Quantum Writing, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 52,9 dengan simpangan baku 6,88 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 81,8 dengan simpangan baku 8,01.. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ? =0,05, diperoleh thitung > ttabel (10,29 > 2,085), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Metode Quantum Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Swasta Hosana Medan TP 2022/2023.References
Budiastuti, P., Soenarto, S., Wahyu Ramndani, H., Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika, P., & Ahmad Dahlan, U. (2021). Pramudita Budiastuti: Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar … Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan (Vol. 05, Issue 1). Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jee
Dr. Harlen Simanjuntak, M.Pd. (2022). Diktat Perencanaan Dan Pembelajaran. Repository.Uhn.Ac.Id.
Dr. Harlen Simanjuntak Et Al,Nd. 2021.Strategi Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Cv.Penerbit Qiara Media - Pasuruan, Jawa Timur.
Dr. Harlen Simanjuntak, M. Pd. (2022). Diktat Perencanaan Dan Pembelajaran. Repository.Uhn.Ac.Id.
Drs. Pontas Jamaluddin Sitorus, M. Pd. (2019). Cara Belajar Efektif Dan Efisien Kepada Siswa. Http://Repository.Uhn.Ac.Id/.
Drs. Tigor Sitohang, M. Pd. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Power Reading Terhadap Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Oleh Siswa Kelas Xi Smk Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Http://Repository.Uhn.Ac.Id/.
Elza L.L. Saragih, S. S. , M. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Tayangan Media Film Jokowi The Movie Terhadappeningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsipadasiswa-Siswi Kelas Viismpnegeri 5 Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, Volume 3 Nomor 2.
Fuji Harmooni, M., Basri, I., & Bahasa Dan Sastra Indonesia, P. (N.D.). Pengaruh Penggunaan Teknik Tiru Model Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X Sman 4 Padang.
Julika, R. (N.D.). Volume 15 Nomor 2 | Metamorfosis Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Sugestopedia Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi. Http://Ejournal.Unibba.Ac.Id/Index.Php/Metamorfosis72
Martha, N., & Situmorang, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Teknik Guiding Questions. Journal Of Education Action Research, 2, 165–171. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jear/Index
Mawarni, H. (2022). Analisis Fungsi Dan Makna Lawas (Puisi Tradisional) Masyarakat Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggarra Barat. 2(2).
Murtiningsih, N. (2022a). Diterbitkan 31 Maret 2022 Meningkatkan Kemampuan Membuat Ringkasan Teks Narasi Melalui Metode Quantum Writing Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Sejati Tahun Pelajaran. Jigi: Jurnal Ilmiah Guru Indonesia, 3(2). Http://Journalindonesia.Org/Index.Php/Jigin24
Murtiningsih, N. (2022b). Diterbitkan 31 Maret 2022 Meningkatkan Kemampuan Membuat Ringkasan Teks Narasi Melalui Metode Quantum Writing Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Sejati Tahun Pelajaran. Jigi: Jurnal Ilmiah Guru Indonesia, 3(2). Http://Journalindonesia.Org/Index.Php/Jigin24
Nurul Chasanah, I. (N.D.). Peningkatan Kompetensi Menulis Fiksi Melalui Metode Quantum Writing Bagi Siswa Smp Dan Sma Di Jawa Timur.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Sudjana. 2016. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung:Tarsito
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarbiyah Dan Keguruan Uin, F., & Kalsum Nasution, M. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. Corresspondence: Mardiah Kalsum Nasution, Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. E-Mail. 11(1).
Wati, L., Maryova, F., & Pgri Bandar Lampung, S. (N.D.). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Stkip Pgri Bandar Lampung Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Pada Siswa Kelas X Smk Trisakti Jaya Bandar Lampung. Http://Eskrispi.Stkippgribl.Ac.Id/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 David Nobel Nainggolan, Tigor Sitohang, Elza L.L. Saragih, Harlen Simanjuntak, Pontas J. Sitorus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.