PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON PADA MATERI UPAYA BAGSA INDONESIA DALAM MENGHADAPI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA

Authors

  • Yola Anjani Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Meldawati Meldawati Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Kaksim Kaksim Universitas PGRI Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19051

Keywords:

Development, Learning Media, Powtoon

Abstract

Artikel ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan disekolah yaitu hanya terpaku pada media pembelajaran seperti media Lembar Kerja Siswa (LKS), media power point, dan media buku cetak. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga bisa membantu peserta didik  dalam mengikuti proses pembelajaran. Pembuatan media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan aplikasi powtoon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau sering di sebut Research and Development (R & D) adalah sebuah metode dalam penelitian yang menghasilkan serta menguji keefektifan dari suatu produk.  Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evalue). Hasil dari penelitian ini yaitu, validasi ahli media diperoleh persentase 86%, ahli materi diperoleh persentase 82%, dan ahi bahasa diperoleh persentase 84% dan  memperoleh hasil akhir 84% dengan kriteria sangat valid. Media pembelajaran juga diuji kepraktisannya oleh guru dan peserta didik. Pada uji coba media pembelajaran oleh guru diperoleh persentase 88% dan peserta didik  diperoleh persentase 91% dan memperoleh hasil akhir total 90% dengan kriteria sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran sejarah.

References

Ferdiansyah, Randa, Z., & Meldawati. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X Sma Negeri 2 Tilatang Kamang Pada Peradaban Awal Di Kepulauan Indonesia menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menarik dan menyenangkan agar peserta didik. 4(2), 193–200.

Prawesti, D. N., Husnita, L., & Meldawati. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Spinning Wheel Game Berbantuan Power Point Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS SMAN 19 Tebo. 06(01), 7928–7935.

Ulva, F., Husnita, L., & Kaksim. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemirincing Dalam Meningkatkan Aktivitas Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMAN 1 Mukomuko. 7(2), 352–361.

Anggita, Z. (2021). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi

Felia, F., Husnita, L., & Meldawati, M. (2022). Media Ludo Game Sejarah (Lugas) Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Kelas X Mipa 1 Sman 13 Padang. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(2), 244. https://doi.org/10.24114/ph.v7i2.37369

Irzanadilla, L. (2021). Pengaruh pengembangan media pembelajaran powtoon berbasis audiovisual terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI. 11–38.

Downloads

Published

2023-09-22

How to Cite

Anjani, Y., Meldawati, M., & Kaksim, K. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON PADA MATERI UPAYA BAGSA INDONESIA DALAM MENGHADAPI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3). https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19051

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.