PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI-ATU SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Nikolas Folfin Daeli Universitas Nias
  • Novelina Andriani Zega Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18535

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan di SMK Negeri 1 Gunungsitoli mengidentifikasi dua masalah utama yaitu rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya hasil belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan penelitian untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Gunungsitoli dengan sampel sebanyak 20 orang siswa kelas XI-ATU. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket kualitas pembelajaran, tes hasil belajar siswa, pedoman wawancara, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mengalami peningkatan selama dua siklus, dengan persentase yang meningkat dari 58,01% pada Siklus I menjadi 86,40% pada Siklus II. Demikian pula, hasil belajar siswa meningkat, dengan nilai rata-rata meningkat dari 68,59 pada Siklus I menjadi 81,48 pada Siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berdampak positif terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa.

References

Asmara, Dedi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Volume 3. Nomor 1. (online). (https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/ 1286/852 diakses pada 20 Mei 2022)

Ernawati dan Ahmad Yani. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa. Volume 1. Nomor 1. (online). (https://journal.unismuh.ac.id/index. php/kromatin/article/view/3430/2507 diakses pada 3 Agustus 2022)

Faozi, Mohamad. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Materi Bioteknologi Pada Siswa SMP Negeri 2 Tarub. Volume 2. Nomor 1. (online). (http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/872/ 729 diakses pada 22 Agustus 2022)

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hesti, dkk. (2018). Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Volume 6. Nomor 1. (online). (https://riset-iaid.net/index.php/jppi/article/ view/297/348 diakses pada 29 Juli 2022)

Kemendikbud. (2020). Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemedikbud.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Lidia dan Irwandi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. (online). (http:// conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/211/142 diakses pada 30 Juli 2022)

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Widoyoko, dkk. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-09-12

How to Cite

Daeli, N. F. ., & Zega, N. A. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI-ATU SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2022/2023 . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 213–221. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18535

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2