PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V MELALUI MODEL AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION

Authors

  • Thedi Mustika Ajie UNIVERSITAS MURIA KUDUS
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18314

Keywords:

Model Pembelajaran, Auditory Intelectually Repetition, Hasil Belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Kandangmas setelah diterapkannya model Auditory Intelectually Repetition. Model Auditory Intelectually Repetition merupakan pembelajaran yang  berbasis masalah yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pemecahan permasalahan. Hasil belajar merupakan tingkat keberhasilan yang telah dicapai siswa dalam proses belajar dikelas berupa bentuk tes yang diukur menggunakan nilai ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian tindakan kelas akan dilaksanakan di kelas V SDN 6 Kandangmas dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam  dua siklus,setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I sebesar 75% dengan kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81% dengan kategori baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Auditory Intelectually Repetition dapat meningkatkan hasil belajar IPS Tema 9 Kelas V.

References

Anwar, Moh. R., & Pramukantoro. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Antara Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Model Pembelajaran STAD pada Standart Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan Kelas X TAV di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2).

Choiriyah, W. B. (2018). Penerapan Model Air (Auditory,Intelectually,Repetition) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sekolah Dasar.

Depdiknas. (2011). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ermawati, D., Anisa, R. N., Saputro, R. W., & Azura, F. N. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd 1 Dersalam The Effect Of Discovery Learning Model On Mathematics Learning. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora. 2, 82–92.

Ermawati, D., Fardani, I., Nurunnaja, D., Ni’mah, A. U., & Astuti, D. D. (2023). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Pada Materi Pecahan Di Kelas Iv Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. X, 161–172.

Herlina. (2020). Penerapan Model Auditory Intelectually Repetition Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Tema 5 Pada Siswa Kelas III SDN 5 Panjer Tahun 2019/2020. Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Islam. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil belajar IPA dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kleas V SD. Jurnal Of Teaching In Elementary Education, 2(3), 1–13.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122.

Laia, Y. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Materi Cahaya Dan Kegunaannya Kelas V Sd Negeri 060938 Medan Johor Ta 2020/2021 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Linuwih. (2014). Efektifitas ModelPembelajaran Auditory Intelectually Repetition AIR) Terhada Siswa Pada Konsep Energi Dalam. Jurnal Fisika Indonesia, 10, 2.

Musyassaroh. (2016). Penerepan Model Pembelajaran Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) Untuk Hasil Belajar Matematika.

Rondli, W. S., Pratiwi, I. A., Kanzunnudin, M. (2016) Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Berbasis Multikultural. 2.

Rondli, W. S., Mutoffin, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila di Kelas VI Sekolah Dasar. 2, 45-52.

Sudana, I. W. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Blended Learning Melalui Aplikasi Google Classroom. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 38–47. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781849

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (21st ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Predadamedia Group.

Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. 185.

Supriatna . (2007). Kontruksi Pembelajaran Sejarah Kritis. Historia Utama Press.

Suradisastra, D. (1991). Pendidikan IPS II. Depdikbud, 7.

Suryati, E. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKN Tema 2 Tentang Aturan Yang Berlaku di Rumah . Melalui Model Make a Match Berbantuan Powerpoint Pada Siswa Kelas I. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(1), 242–251.

Sitompul, H. S., & Maulina, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 11–17.

Vellayati, S. (2017). Analisis Aktivitas Belajar Siswa dan Aktivitas Pembelajaran Guru pada mata pelajaran Kimia. Jurnal Fisika Indonesia , 2(3).

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Ajie, T. M. ., Rondli, W. S. ., & Ermawati, D. . (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V MELALUI MODEL AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 793–799. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18314