PENGARUH MINAT USAHA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK PUSAKA 1 JAKARTA

Authors

  • Yulies Herni Universitas Pamulang
  • Iin Asikin Universitas Indraprasta PGRI
  • Desy Septariani Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.16951

Keywords:

Minat usaha, Prestasi belajar, Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh minat usaha terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Pusaka 1 Jakarta. Minat usaha merupakan faktor penting dalam memotivasi siswa untuk belajar dan mengembangkan keterampilan kewirausahaan. Prestasi belajar mencerminkan pencapaian siswa dalam memahami dan menguasai materi pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data seperti kuesioner, tes, dan observasi untuk mengumpulkan informasi tentang minat usaha siswa dan prestasi belajar mereka. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode statistik untuk mengidentifikasi hubungan antara minat usaha dan prestasi belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya minat usaha dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Temuan penelitian ini dapat memberikan implikasi praktis bagi pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam mempromosikan minat usaha dan meningkatkan prestasi belajar siswa di bidang kewirausahaan.

References

Gustiana, H. S. E. A., Mahmudi, A., Jayani, S. A., Yudha, C. S., Shohih, E. N., Putro, F. A., Al Fuady, M. I., Paryanto, P., & Suci, W. G. (2022). Meningkatkan Potensi Kewirausahaan dan Inovasi Produk di SMK N 1 Mojosongo. Equilibrium Journal of Chemical Engineering, 6(2), 157–162.

Pratiwi, A. D. A. A., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Keikutsertaan dalam Prakerin Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 55–66.

Safitri, A. N., & Nugraha, J. (2022). The effect of entrepreneurship motivation and subjective norms on entrepreneurship intention through entrepreneurship education. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 25(2), 295–320.

Sagir, J. , Husnan, L. H. , & & Mulyadi, M. . (2020, J. 15). (n.d.). Pengaruh Pemberian Mata Kuliah Pengembangan Kewirausahaan Terhadap Minat Dan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram. .

Sugianingrat, I., Wilyadewi, I., & Sarmawa, I. W. G. (2020). Determination of entrepreneurship education, family environment, and self-efficacy on entrepreneurship interest. Jurnal Economia, 16(1), 33–43.

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta. CV.

Suryanto, I. W., Astuti, N. M. E. O., & Diarini, I. G. A. A. S. (2020). Efektivitas program pelatihan pengolahan hidangan appetizer and dessert pada siswa SMK Pratama Widhya Mandala. JPPM(Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat)(Uny. Ac. Id).

Yulianti, G. , Chaidir, M. , & & Permana, N. . (2022, D. 31). (2022). The Influence of Entrepreneurship Education and Industrial Work Practices on Interest in Entrepreneurship in State Vocational High School Students in the Central Jakarta Region. https://scite.ai/reports/10.26858/ja.v9i2.42945. https://Scite.Ai/Reports/10.26858/Ja.V9i2.42945.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Herni, Y. ., Asikin, I., & Septariani, D. . (2023). PENGARUH MINAT USAHA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK PUSAKA 1 JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 44–49. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.16951