PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA N 3 DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.16072Keywords:
Media Sosial, Prestasi Belajar, Siswa SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa SMA N 3 Depok. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 180 orang yang dipilih secara acak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan dapat mengganggu konsentrasi siswa dalam belajar dan mempengaruhi hasil akademik mereka. Oleh karena itu, disarankan agar siswa membatasi waktu penggunaan media sosial dan meningkatkan waktu belajar untuk mencapai prestasi akademik yang lebih baik.References
Ainin, S. , N. M. M. , M. S. , & J. N. I. (2015). he impact of social media on students’ academic performance: A case study of Malaysia higher education. . Journal of Educational and Social Research, 5(2), 231-237.
Arshad, M., & Akram, M. S. (2018a). Social media adoption by the academic community: Theoretical insights and empirical evidence from developing countries. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 19(3).
Arshad, M., & Akram, M. S. (2018b). Social media adoption by the academic community: Theoretical insights and empirical evidence from developing countries. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 19(3).
Helmiana, H. , S. S. , & N. M. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pinrang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Masataka, N., Hayakawa, S., & Kawai, N. (2010). Human young children as well as adults demonstrate ‘superior’rapid snake detection when typical striking posture is displayed by the snake. PloS One, 5(11), e15122.
Rahman, M. (2019). Impact of social networking sites on sleeping habits: A case of university students in bangladesh. World of Media, 63.
Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta. CV.
Sulisworo, D. , & D. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(1), 1-12.
Ulfaidah, U., Irawan, A. P., Firda, N. S., Wiguna, M. I. F., & Suparmanto, S. (2022a). Strategi Pembelajaran Dengan Menggunakan Kontekstual. Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 69–78.
Ulfaidah, U., Irawan, A. P., Firda, N. S., Wiguna, M. I. F., & Suparmanto, S. (2022b). Strategi Pembelajaran Dengan Menggunakan Kontekstual. Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 69–78.
Weriza, J., Husein, I., Noranizamardia, N., Fakhariza, M., & Marzuki, K. (2022). Development of OnlineWeb-Based New Student Graduation Application in Junior High School. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(3), 691–700.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agus Supandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.