HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN KEDISIPLIAN GURU DI TK DURI KECEMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

Authors

  • Winda Pratiwi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Zulkifli N Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Yeni Solfiah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1665

Keywords:

Kompetensi Kepribadian Guru dengan Kedisiplinan Guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru dengan Kedisiplinan Guru di TK Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Kompetensi guru merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pedidikan yang dilakasanakan, dan kepribadian guru adalah cermin dalam sikap dan perbuatan guru dalam membina dan membimbing anak didiknya. Sedangkan kedisiplinan guru merupakan sifat dari pertanggung jawab individu untuk melaksanakan segala sesuatunya dengan tepat waktu. Adapun jumlah populasi ini adalah 45 orang guru dengan sampel 45 0rang guru digunakan yaitu korelasi person product moment untuk melihat hubungan variabel kompetensi kepribadian guru dengan kedisiplinan guru. Teknik pengumpulan data yaitu berapa angket dengan mengunakan skala likert. Teknik analisa data menggunakan ujicoba skala dan analisa metode statistik dengan program SPSS for windows ver.23. berdasarkan hasil yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru dengan kedisiplinan guru di TKDuri kecamatan Mandau kabupaten Bengkalis. Hal ini dapat diketeahui dari nilai koefesien sebesar rxy=0,031 dan taraf signifilkasi 0,000<0,05 tingkat hubungan kompetensi kepribadian guru dengan kedisiplinan guru sedang dengan nilai koefesien determinan yang dihasilkan sebesar 80% kedisiplinan guru.

Author Biographies

Winda Pratiwi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Zulkifli N, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Yeni Solfiah, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

References

Arikunto.Suharsimi.2006 .Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta: Edisi Revisi.

Janawi. 2011. Kompetensi Guru.Alfabeta.

Purwanto. 2013.Metode Penelitian Pendidikan ( Pedekatan, kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Adminstrasi. Bandung: Alfabeta

Hasibuan, S.P Malayu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Soetjipto.2007. Seri Bimbangan Organisasi dan Adimiinistrasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surabaya: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Nasional Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional RI.

Walgito. 2007. Psikologi Kelompok. Jakarta: Andi offset.

Uno,Hamzah. 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implemetasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTPS) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru Jakarta: Rajagrafindo persada.

Undang-Undang Republik Indonesia N0.14 Tahun 2005. Tentang Guru dan dosen.

Sulistyowati, Indah. 2010. Pengaruh Profitabilitasi,Leverage dan Growth Terhadap Kebijakan Divided dengan Good Corporate Sebagai Variable Intervening.Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XII. Purwokerto.

Ali, Muhammad, 2002. Guru dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi baru). Jakarta: Bumi Askara.

Syahrum, Salim. 2016. Metode Penelitian Kuatitafi. Bandung: Cita Pustaka Media.

Mulyasa, E. 2007.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mussen. 2012. Essential of Child Development &Porsonality. New York: Haper.

Sugiyono. 2014.Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Cv Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Budi ningsih, A. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka ciptra.

Downloads

Published

2021-05-03

How to Cite

Pratiwi, W., N, Z., & Solfiah, Y. (2021). HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN KEDISIPLIAN GURU DI TK DURI KECEMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 10–18. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1665