ANALISIS METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • Eka Diana Program Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid
  • Moh. Rofiki Program Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1356

Keywords:

Metode Pembelajaran, Pembelajaran Efektif, Era New Normal.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran efektif di era new normal pada Madrasaha Aliyah Negeri 1 Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif deskriftif. Pengumpulan data dilakukan dengan data primer dan sekunder. Data primer diambil melalui wawancara mendalam yang dilakukan secara virtual. Sedangkan data sekunder diambil melalui dokumen dan perangkat pembelajaran seperti RPP. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa dan 6 guru yang diambil secara purposif dengan asumsi bahwa responden tersebut sudah mewakili keseluruhan siswa dan guru dari kelas X, XI,dan XII. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa guru dapat menggunakan metode blended learning sebagai opsi dalam pembelajaran di era new normal. Dan tidak menutup kemungkinan metode daring, luring dan project based learning dapat dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan situasi dan kondisi. Penggunaan metode pembelajaran yang tetap akan memberikan permbelajaran yang efektif.

Author Biographies

Eka Diana, Program Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

Program Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

Moh. Rofiki, Program Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

Program Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

References

Bahri, S., & Arafah, N. (2020). Analisis Manajemen Sdm Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal. Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 20–40. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?start=0&q=manajemen+sekolah+di+era+pandemi&hl=id&as_sdt=0,5

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

HM, M. A. (2019). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 469. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.106

https://sevima.com/6-metode-pembelajaran-paling-efektif-di-masa-pandemi-menurut-para-pakar/

Indahningrum, R. putri. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era New Normal. 2507(1), 1–9.

Irianto, Heru dan Bungin, B. (2001). Pokok-Pokok Penting Tentang Wawancara. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jamaluddin, J. (2015). Pembelajaran Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rofiki, M. (2019). Urgensi Supervisi Akademik dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Industri 4.0. Indonesian Journal Pf Basic Education, 2(3), 502–514.

Sugiono, S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulfa, Maria., S. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35–56.

Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, Vol. 1, pp. 13–20.

Downloads

Published

2020-12-31