Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya Kelas VI UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8116Abstract
Untuk dapat melihat tingkat keberhasilan model pembelajaran TGT berbantu media gambar tersebut, dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada proses pembelajaran. berdasarkan pada hasil observasi, proses pembelajaran di kelas VI UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar masih belum sesuai harapan. Kebanyakan hasil belajar peserta didik masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Permasalahan-permasalahan yang muncul yaitu kurangnya penggunaan model-model pembelajaran yang variatif dan penggunaan media pada proses pembelajaran di kelas. Sehingga menyebabkan kurangnya rasa kerjasama dan tanggung jawab siswa, terutama pada saat proses pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis Pre-Exsperimental designs (nondesigns). Dengan desain rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dikarenakan hanya menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan tanpa adanya kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan di sekolah UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar pada tanggal 03 Oktober 2022. Setelah dilakukan penelitian dilakukan dapat dilihat hasil penelitian digunakan uji Hipotesis dihitung dibantu dengan menggunakan SPSS versi 21, dapat kita lihat t¬hitung 14,977¬ > t¬tabel 1,696 disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantu Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 penemu dan Manfaatnya di kelas VI.Downloads
Published
2022-11-01
How to Cite
Nainggolan, M. K. ., Simaremare, J. A. ., & Sihombing, P. S. R. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya Kelas VI UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 62–70. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8116
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mikael Kisandra Nainggolan, Juni Agus Simaremare, Partohap Saut Raja Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).