Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya Kelas VI UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar

Authors

  • Mikael Kisandra Nainggolan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Juni Agus Simaremare Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Partohap Saut Raja Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8116

Abstract

Untuk dapat melihat tingkat keberhasilan model pembelajaran TGT berbantu media gambar tersebut, dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada proses pembelajaran. berdasarkan pada hasil observasi, proses pembelajaran di kelas VI UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar masih belum sesuai harapan. Kebanyakan hasil belajar peserta didik masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Permasalahan-permasalahan yang muncul yaitu kurangnya penggunaan model-model pembelajaran yang variatif dan penggunaan media pada proses pembelajaran di kelas. Sehingga menyebabkan kurangnya rasa kerjasama dan tanggung jawab siswa, terutama pada saat proses pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis Pre-Exsperimental designs (nondesigns). Dengan desain rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dikarenakan hanya menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan tanpa adanya kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan di sekolah UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar pada tanggal 03 Oktober 2022. Setelah dilakukan  penelitian dilakukan dapat dilihat hasil penelitian digunakan uji Hipotesis dihitung dibantu dengan menggunakan SPSS versi 21, dapat kita lihat t¬hitung 14,977¬ > t¬tabel 1,696 disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantu Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 penemu dan Manfaatnya di kelas VI.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Nainggolan, M. K. ., Simaremare, J. A. ., & Sihombing, P. S. R. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya Kelas VI UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 62–70. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8116

Most read articles by the same author(s)