Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8910Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasi eksperimental design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB 60 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pretest dan tes posttest yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukkan bahwa: Adanya Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar Berdasarkan analisis data nilai posttest dengan menggunakan uji-t di dapat thitung > ttabel yaitu dengan nilai 6.564 > 2,00172 maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan peningkatan hasil belajar peserta didik yag tidak menggunakan model Contextual Teaching and Learning.Downloads
Published
2022-11-16
How to Cite
Sibuea, A. L. ., Simaremare, J. A. ., & Sihombing, P. S. . (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4126–4136. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8910
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Amelia Lestari Sibuea, Juni Agus Simaremare, Partohap S.R Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).