Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 173757 Sidihoni
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8364Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar subtema 2 pemanfaatan kekayaan alam di indonesia siswa kelas IV SD Negeri 173757 sidihoni T.A 2022/2023. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif, yang menyatakan bahwa penelitaian kuantitatif merupakan penelitian yang berupa angka-angka serta analisisnya menggunakan statistik. Desain penelitian yang akan digunakan yaitu eksperimen, dengan bentuk Pre-Experimental Design yang menggunakan desain “ one group pretest posttest design”. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 173757 Sidihoni yang berjumlah 30 siswa, dimana laki-laki berjumlah 17 orang dan perempuan berjumlah 13. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah diujikan datanya dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pre-test (48,5) dan post-test (82,67). Hasil penelitian pada taraf 0,05 Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, dimana ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar subtema 2 pemanfaatan kekayaan alam di indonesia siswa kelas IV SD Negeri 173757 sidihoni T.A 2022/2023.Downloads
Published
2022-11-05
How to Cite
Pintubatu, E. R. ., Simaremare, J. A. ., & Sihombing, P. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 173757 Sidihoni . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1215–1225. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8364
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Elpidayani R Pintubatu, Juni Agus Simaremare, Partohap S.R.Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).