Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 173757 Sidihoni

Authors

  • Elpidayani R Pintubatu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Juni Agus Simaremare Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Partohap S.R. Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar subtema 2 pemanfaatan kekayaan alam di indonesia siswa kelas IV SD Negeri 173757 sidihoni T.A 2022/2023. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif, yang menyatakan bahwa penelitaian kuantitatif merupakan penelitian yang berupa angka-angka serta analisisnya menggunakan statistik. Desain penelitian yang akan digunakan yaitu eksperimen, dengan bentuk Pre-Experimental Design yang menggunakan desain “ one group pretest posttest design”.  Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 173757 Sidihoni yang berjumlah 30 siswa, dimana laki-laki berjumlah 17 orang dan perempuan berjumlah  13. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah diujikan datanya dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pre-test (48,5) dan post-test (82,67). Hasil penelitian pada taraf 0,05 Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, dimana   ditolak dan  diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar subtema 2 pemanfaatan kekayaan alam di indonesia siswa kelas IV SD Negeri 173757 sidihoni T.A 2022/2023.

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Pintubatu, E. R. ., Simaremare, J. A. ., & Sihombing, P. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 173757 Sidihoni . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1215–1225. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8364

Most read articles by the same author(s)