Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan di Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8248Abstract
Penelitian bertujuan untuk untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan di Kelas IV UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar sebanyak 30 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes pretest dan tes posttest yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 % menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas IV A pada subtema 3 ayo cintai lingkungan di UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan analisis data nilai posttest dengan menggunakan uji-t di dapat thitung > ttabel yaitu dengan nilai 44, 702 > 1, 701 dengan taraf kesalahan 3% maka H_0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas IV A pada Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan di UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-11-03
How to Cite
Damanik, P. V. ., Simaremare, J. A. ., & Sirait, E. M. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan di Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 771–780. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8248
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Prima Vibopa Damanik, Juni Agus Simaremare, Esti Marlina Sirait
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).