Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Kelas VI UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8133Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis True Exsperimental design dengan design rancangan penelitian pretest-posttest control group design yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VI dalam subtema 1 rukun dalam perbedaan. Sampel penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas VI SD Negeri 122368 Pematang Siantar sebagai kelas eksperimen dan siswa-siswi kelas VI SD Negeri 122384 Pematang Siantar. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t parsial dimana didapat nilai t hitung sebesar = 5,714 dengan tingkat signifikansi 0.000. Karena probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000 dan t hitung = 5,714 > t table = 1,695 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VI dalam subtema 1 rukun dalam perbedaan. Sampel penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas VI SD Negeri 122368 Pematang Siantar.Downloads
Published
2022-11-01
How to Cite
Siregar, S. ., simaremare, J. A. ., & Sirait, E. M. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Kelas VI UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 196–205. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8133
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Simon Siregar, Juni Agus simaremare, Esti Marlina Sirait
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).