Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan Kelas V SD Negeri 096132 Parapat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7794Abstract
Pilihan model pembelajaran memiliki dampak besar pada bagaimana segala sesuatunya berjalan dan seberapa baik siswa belajar. Sampai saat ini, ceramah menjadi metode yang populer digunakan oleh guru karena mereka percaya itu adalah cara yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada siswa dalam bentuk informasi. Siswa mendengarkan dan mencatat saat guru menjelaskannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana pendekatan problem based learning mempengaruhi hasil belajar siswa pada subtema 2 yaitu pentingnya menghirup udara bersih. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen satu kelompok pretest-posttest. Ada 138 siswa dalam populasi penelitian, membuat kelas V, yang termasuk 24 individu, sampel penelitian. Mengingat hasil dari. Berdasarkan hasil hasil analisis uji data yang dilakukan. Pengujian hipotesis berdasarkan hasil uji siswa menghasilkan Thitung sebesar 6,397 dan Ttabel sebesar 1,713, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa penerapan paradigma pembelajaran berbasis masalah berdampak pada peningkatan hasil belajar dibandingkan dengan pembelajaran tradisional. Ketika model pembelajaran berbasis masalah digunakan, ada perbedaan dalam cara siswa belajar. Alih-alih menjadi berulang-ulang dan kurang memperhatikan guru, siswa menjadi kritis dan terlibat dalam memecahkan masalah dengan teman satu kelompoknya.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Sinaga, L. Z. B. ., Simaremare, J. A. ., & Pasaribu, S. . (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan Kelas V SD Negeri 096132 Parapat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6769–6777. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7794
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Louis Zvonimir Boban Sinaga, Juni Agus Simaremare, Sunggul Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).