Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Tema 2 Kewajiban dan Hakku Kelas III SDN 122384 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7314Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti yaitu hasil belajar siswa di kelas III SDN 122384 Pematangsiantar pada tema 2 kewajiban dan hakku masih rendah, sehingga peneliti tertarik untuk mencoba menerapkan metode pembelajaran yang berbeda dari yang biasanya dilakukan oleh guru kelas yaitu dengan menggunakan metode ceramah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar sisa pada sub tema 2 kewajiban dan hakku kelas III SDN 122384 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Pre-test dan Post-test berupa soal esai yang telah di validasi oleh dosen pembimbing dan guru kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa pada sub tema 2 kewajiban dan hakku kelas III SDN 122384 Pematangsiantar. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan hasil nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dengan menggunakan metode bermain peran sebesar 81,20 sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional sebesar 71,40 yang artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai kelas kontrol dengan pengolahan data uji t-test didapat hasil (3,388 > 2,024) yang berarti hipotesis penelitian H_a diterima dan H_o ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh metode bermain peran terhadap hasil belajar pada tema 2 kewajiban dan hakku kelas III SDN 122384 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-10-06
How to Cite
Manurung, . I. P. ., Sidabutar, Y. A. ., & Pasaribu, S. . (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Tema 2 Kewajiban dan Hakku Kelas III SDN 122384 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4321–4331. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7314
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Irene Putri Manurung, Yanti Arasi Sidabutar, Sunggul Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).